Mengenal Industri Hospitality, Apa Saja Jurusan Kuliahnya? Kenali Yuk

Sabtu, 02 September 2023 - 10:16 WIB
loading...
Mengenal Industri Hospitality, Apa Saja Jurusan Kuliahnya? Kenali Yuk
Industri hospitality secara umum bergerak dalam bidang melayani tamu dan bersangkutan dengan sikap keramah-tamahan. Dengan kata lain hospitality berkaitan dengan dunia wisata dan juga perhotelan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kamu pernah dengar istilah hospitality? Apa ada hubungannya dengan pariwisata? Kalau iya, apa saja jurusan kuliah yang bisa ditekuni dalam hospitality? Ada jurusan kuliah hospitality incaranmu?

Dalam artikel ini kita akan membahas tuntas apa itu hospitality, jurusan kuliah, sampai karir masa depannya juga. Jangan sampai skip kalau kamu mau berkarier di bidang ini

Apa Itu Hospitality?

Masih banyak yang beranggapan kalau hospitality ini bagian dari rumah sakit, padahal tak ada hubungannya sama sekali. Jadi, pengertian hospitality menyorot pada hubungan terjadi antara tamu dengan tuan rumah dengan memberikan pelayanan yang ramah.

Tamu di sini bisa berupa pengunjung, wisatawan, tamu dan siapapun yang datang. Singkatnya, industri ini bergerak dalam bidang melayani tamu dan bersangkutan dengan sikap keramah-tamahan.


Perlu kamu tahu, sektor industri dalam bidang ini luas banget, bukan hanya perhotelan saja. Bahkan ada yang lebih spesifik dan relevan pada berbagai konsentrasi contohnya travel dan turis, event, kuliner, bahkan hospitality management.

Jurusan Kuliah Hospitality


Kuliah hospitality di Indonesia kini memang sudah banyak. Biasanya kampusnya bernama sekolah perhotelan, namun di dalamnya sudah mencakup semua bidang ini hingga F&B. kampus luar negeri jurusan hospitality ini di luar negeri. Di kampus luar negeri, jurusan kuliahnya bermacam-macam dan membahasnya lebih luas dan mendalam.

Contohnya di Glion Institute of Higher Education memiliki jurusan kuliah hospitality seperti BBA in International Hospitality Business yang mana mempersiapkan mahasiswanya untuk siap berkecimpung di industri hospitality dan tourism global.

Di kampus ini juga memiliki program Master of Science in Luxury Management and Guest Experience yang mengajarkan mahasiswa untuk berkecimpung dalam yang lebih advanced dan mewah lagi. Artinya, lulus dari universitas ini bisa mengantarmu dalam karir di bidang hospitality dunia.

Jenis Bisnis Hospitality


1. Perhotelan


Bisnis satu ini menyediakan tempat untuk bermalam atau menginap. Namun kini banyak hotel yang menyediakan fasilitas tambahan selain menginap untuk memberikan tamunya pengalaman menginap yang lebih indah. Misalnya dengan fasilitas gym, spa, meeting room dan lainnya.

2. Tempat Wisata

Nggak hanya menyorot pengelolaan tempat wisata, industri di bidang tempat wisata juga luas banget. Misalnya berhubungan dengan transportasi menuju ke tempat wisata, fasilitas yang tersedia di dalam obyek wisata tersebut dan lain-lain. Intinya, bisnis travel dan tourism ini berfungsi memfasilitasi pengunjung yang berlibur ke tempat wisata tersebut.

3. Industri FnB


Belakangan ini bisnis FnB menjadi sektor yang berkembang pesat. Nggak hanya menjual rasa makanan dan minuman, kini banyak orang yang berlomba-lomba memberikan pengalaman menyantap yang berbeda dan tentunya kepuasan tersendiri. Namun, sebelum lebih jauh, tentu pemilik bisnis FnB harus memastikan kualitas bahan makanan dan minuman yang digunakan, kebersihan serta higienitas produk yang digunakan juga tempat makan.

4. Rekreasi


Segala aktivitas rekreasi yang fokusnya bersantai dan bersenang-senang ternyata masuk ke dalam lini bisnis hospitality. Contoh bisnis hospitality pada rekreasi seperti taman rekreasi, taman bermain anak, sarana hiburan dan lainnya. Untuk mengembangkan bisnisnya bisa menjual membership hingga penjualan souvenir


Pekerjaan Bidang Hospitality

1. Pekerjaan di Perhotelan


Di bidang perhotelan banyak banget pekerjaan yang bisa menjadi karier masa depanmu. Misalnya General Manager yang memastikan kegiatan hotel berjalan optimal, meminimalisir masalah ketidakpuasan tamu dan tentunya mengambil keputusan. Selain GM, pekerjaan lainnya seperti Public Relation, Chef, dan lain-lain.

2. Pekerjaan di Tempat Wisata


Kamu lebih suka bekerja outdoor dan dinamis? Memilih bekerja di tempat wisata bisa jadi pilihan! Kamu bisa menjadi operasional manager, konsultan pariwisata, sampai jadi tour guide. Seru banget, kan bekerja di tempat wisata yang indah?

3. Pekerjaan di FnB


Pekerjaan di bidang FnB yang tersedia untuk kamu banyak banget. Mulai dari Head Chef dan Sous Chef baik di hotel maupun restoran, hingga restaurant manager menantimu. Apalagi kalau kamu sudah memiliki pengalaman yang banyak, kamu bisa membangun restoran sendiri.

4. Pekerjaan di Rekreasi


Pada bidang rekreasi, nggak sedikit juga pekerjaan yang menunggumu. Tentunya pekerjaannya akan berhubungan dengan hiburan. Kamu bisa menjadi event organizer, wedding planner atau bridal consultant, dan banyak lagi. Tinggal pilih sesuai passionmu, ya!
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8759 seconds (0.1#10.140)