8 Beasiswa Tanpa Syarat Batas Usia untuk S1, S2 dan S3 Kampus Luar Negeri, Ini Daftarnya

Sabtu, 02 September 2023 - 21:11 WIB
loading...
8 Beasiswa Tanpa Syarat Batas Usia untuk S1, S2 dan S3 Kampus Luar Negeri, Ini Daftarnya
Setidaknya ada 8 beasiswa jenjang S1, S2 dan S3 kampus luar negeri tanpa syarat batas usia. Salah satunya adalah Australia Awards Scholarship (AAS). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar beasiswa tanpa batas usia untuk jenjang S1, S2 dan S3. Ingin kuliah di luar negeri dengan beasiswa tanpa batas usia, apakah bisa? Beasiswa menjadi salah satu cara untuk seorang siswa berprestasi dalam mendapatkan pendidikan tinggi saat perekonomian mereka kurang mendukung.

Penyedia beasiswa ada berbagai macam mulai dari pemerintah negara, lembaga swasta hingga universitas itu sendiri. Pendanaannya juga berbeda, ada yang membiayai seluruh biaya selama kamu kuliah mulai dari biaya pendidikan hingga biaya hidup atau hanya parsial atau sebagian saja.

Perlu diingat, setiap beasiswa ini punya persyaratan. Mulai dari nilai akademik, kewarganegaraan pelamar, sampai batas usia minimum dan maksimal. Tak sedikit orang yang terhambat untuk apply beasiswa karena belum cukup atau sudah melewati batas usia. Tapi jangan khawatir, ini ada daftar beasiswa kampus luar negeri jenjang S1,S2 dan S3 yang tidak mensyaratkan batas usia.

Beasiswa Tanpa Batas Usia untuk S1, S2, dan S3 Universitas Luar Negeri

1. Australia Awards Scholarship (AAS)


Punya mimpi kuliah di Australia, kamu bisa memperhitungkan Australia Awards Scholarship (AAS). Beasiswa satu ini didanai oleh pemerintah Australia dalam program pembangunan negara-negara yang bermitra dengan Australia. Cakupan biaya beasiswa ini juga cukup lengkap seperti tiket pesawat pulang pergi, biaya kuliah, biaya hidup, tunjangan kesehatan, hingga dukungan akademis.

2. Chevening Scholarship


Bagi yang mau kuliah S1 maupun S2 di Inggris, Chevening Scholarship pasti jadi incaran. Beasiswa dari pemerintah Inggris ini tidak memiliki syarat batas usia. Yang menariknya lagi, Chevening Scholarship ini mendanai secara penuh biaya kuliahmu, lho. Di sisi lain, kamu harus memiliki pengalaman kerja kurang lebih 2 tahun sebagai persyaratan melamar beasiswa ini. Selain itu kamu harus punya sertifikat IELTS dengan skor minimal 6,5 hingga LoA Conditional.

3. Gist Scholarship for International Student


Cari beasiswa tanpa batas usia di Korea Selatan? Jawabannya GIST Scholarship! Beasiswa ini untuk kamu yang ingin lanjut ke jenjang S2 dan S3 khususnya di bidang teknologi dan sains.



Bagaimana tidak, beasiswa ini mendapatkan dana oleh Gwangju Institute of Science and Technology dan South Korean Ministry of Science and Technology. Nggak tanggung-tanggung, beasiswa ini juga fully funded, lho. Artinya, mulai dari biaya perkuliahan, biaya hidup sampai biaya penelitian.

4. Hokkaido University President’s Fellowship


Bagi yang mengincar kuliah di Jepang pasti udah nggak asing lagi dengan Hokkaido University President’s Fellowship ini. Beasiswa ini untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan ke program S2, S3 atau profesional. Meskipun tanpa batas usia, Hokkaido University mewajibkan calon mahasiswanya memiliki nilai akademik yang baik dan minat yang tinggi terhadap budaya Jepang. Biasanya pendaftaran beasiswa ini dibuka pada November hingga Januari di tahun berikutnya.

5. Fulbright Scholarship


Beasiswa satu ini ditanggung penuh oleh pemerintah Amerika Serikat lewat yayasan pertukaran pelajar Indonesia-Amerika. Siapapun yang ingin melanjutkan ke program S2 dan S3 bisa mendaftar beasiswa ini.

Cakupan biayanya antara lain biaya pembuatan vias J-1, tiket pesawat PP Indonesia-Amerika, biaya kuliah, biaya hidup hingga asuransi kesehatan. Perlu kamu ingat, setelah selesai masa studimu di Negeri Paman Sam, kamu wajib untuk kembali ke Indonesia. Nggak heran, calon siswa yang ingin melanjutkan mengajar di Indonesia akan diprioritaskan.

6. MoE Taiwan Scholarship


Mencari beasiswa full untuk kuliah di Taiwan dan negara Asia lainnya? Jawabannya ada pada Beasiswa MoE ini. Beasiswa ini meliputi biaya kuliah maksimal TWD40.000 dengan tambahan tunjangan hidup TWD15.000 per bulan untuk mahasiswa jenjang S1. Sedangkan untuk mahasiswa jenjang S2 dan S3 mendapatkan biaya hidup sebesar TWD20.000.


7. Gates Cambridge


Beasiswa lain untuk berkuliah di Inggris adalah Gates Cambridge Scholarship. Didirikan oleh Bill dan Melinda Gates Foundation, beasiswa ini untuk kamu yang mau studi S2 dan S3 untuk semua program di University of Cambridge. Setiap tahunnya, ada 80 kursi untuk disebar ke negara-negara di dunia termasuk Indonesia.

Beasiswa ini juga fully funded, dimana biaya hidup, tiket pulang pergi, tunjangan pemeliharaan, pengembangan akademik bahkan tunjangan keluarga untuk yang membawa keluarga juga akan diberikan. So, nggak heran daya saing untuk beasiswa ini nggak main-main!

8. Edinburgh Global Online Learning Masters Scholarship


Beasiswa dari University of Edinburgh ini menawarkan 20 beasiswa untuk program Master. Setiap peraih beasiswa akan ditanggung biaya kuliah selama durasi program yang diikutinya. Tanpa batas usia, beasiswa ini memiliki syarat prestasi akademik yang baik dan personal statement yang bagus. Bagi mereka yang belum berkesempatan kuliah di jenjang S2 akan sangat diprioritaskan oleh kampus ini.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)