15 Kampus Akademi Keperawatan Favorit di Indonesia, Cek Nama-Namanya

Selasa, 05 September 2023 - 13:57 WIB
loading...
15 Kampus Akademi Keperawatan Favorit di Indonesia, Cek Nama-Namanya
Akper Keris Husada Jakarta menjadi salah satu Akademi Keperawatan yang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin vercita-cita menjadi perawat. Foto/laman Akper Keris Husada
A A A
JAKARTA - Berikut daftar 15 kampus Akademi Perawatan (Akper) favorit di Indonesia. Apakah kamu bercita-cita untuk menjadi seorang perawat di masa depan? Jika iya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menempuh pendidikan perawat terlebih dahulu.Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar 15 Akper terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan tempat untuk menempuh pendidikan keperawatan

Daftar 15 Kampus Akademi Keperawatan (Akper) Favorit di Indonesia

1. Akper Antariksa


Berdiri sejak tahun 1998, perguruan tinggi negeri ini sudah berpindah tempat dari lokasi pertama di Lebak Bulus dan sekarang ada di Jatiwarna, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Program studi yang tersedia di Akper Antariksa adalah jenjang D3Keperawatan.Salah satu kelebihan dari perkuliahan di sini adalah adanya mata kuliah pengembangan pribadi. Tak lain tujuannya agar para mahasiswa memiliki tata krama dan kepribadian yang baik.

2. Akper Fatmawati


Akper Fatmawati yang berlokasi di Jalan Margasatwa (H.Beden 25) Pondok Labu Cilandak Jakarta Selatan ini telah berdiri sejak tahun 1997. Saat ini, Akper Fatmawati telah menjalankan dua program studi yaitu jenjang Diploma D3 Keperawatan dan jenjang Sarjana S1 Administrasi Rumah Sakit.

3.Akper Keris Husada


Akper Keris Husada berlokasi di Jalan Yos Sudarso Komplek Marinir Cilandak, Kota Jakarta Selatan – Prov. D.K.I. Jakarta, 12560. Akper ini telah menjalankan program studi jenjang Diploma D3 Keperawatan sejak tahun 2001.



Belajar untuk menjadi perawat profesional pasti seru dan menyenangkan di Akper Keris Husada. Hal tersebut karena pembelajarannya didukung oleh sarana yang komplit. Kampus dengan suasana kondusif, perpustakaan yang lengkap, dan laboratorium selalu ada untuk kamu nikmati.

4.Akper Bina Insan


Telah berdiri sejak tahun 2009, perguruan tinggi ini menjalankan program studi jenjang D3 Keperawatan. Alamatnya berlokasi di Jl. Kramat Jaya No. 22 T, Tanjung Priok (Depan Jakarta Islamic Centre) Jakarta Utara 14270.

Bila kamu menjadi mahasiswa Akper Bina Insan Jakarta, berbagai fasilitas belajar yang mumpuni akan bisa dinikmati. Kegiatan belajarnya didukung oleh ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, laboratorium, kantin, ruang diskusi, asrama, dan lain sebagainya.

5.Akper Yaspen Jakarta


Akper Yaspen Jakarta telah berdiri sejak tahun 1994 di bawah naungan Lembaga Pendidikan Nasional (Yaspen).Saat ini, Akper yang berlokasi di Jl. Batas II No.54, RW.9, Baru, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13780 ini telah menjalankan program studi jenjang Diploma 3 Keperawatan.

6.Akper Pasar Rebo Jakarta


Perguruan tinggi swasta yang telah berdiri sejak tahun 1998 ini berlokasi di Jl. Tanah Merdeka No. 16, 17, 18 Pasar Rebo Jakarta, Kec. Pasar Rebo – Kota Jakarta Timur – Prov. DKI Jakarta, 13750.

Akper Pasar Rebo cocok sekali untuk kamu yang ingin bekerja sebagai perawat di masa depan.Sudah lebih dari 20 tahun, Akper ini telah menjalankan program studi jenjang Diploma 3 Keperawatan.

7. Akper Muhammadiyah Kendal


Akper Muhammadiyah Kendal merupakan nama lama dari STIKES Muhammadiyah Kendal.Perubahan ini membuat lembaga pendidikan yang telah berdiri sejak tahun 1996 ini memiliki keleluasaan lebih besar untuk menjalankan program studi jenjang lainnya.

Tercatat hingga saat ini Akper Muhammadiyah Kendal telah menjalankan 4 program studi yaitu Diploma 3 Keperawatan, S1 Keperawatan, S1 Gizi, dan Profesi Ners. Kampusnya berlokasi di JL. Pemuda, No. 42-46, Pegulon, Kendal, Jawa Tengah 51318

8. Akper Widya Husada Semarang


Akper Widya Husada Semarang telah berganti nama dan bentuk instansi menjadi Universitas Widya Husada Semarang. Hal itu serta merta dilakukan karena UWHS sudah menjalankan tidak hanya program studi Keperawatan.



Tercatat hingga saat ini kampus yang berlokasi di Jl. Subali Raya No.12, Krapyak, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang ini memiliki 10 program studi, yaitu: S1 Informatika Medis, S1 Keperawatan, S1 Kewirausahaan, S1 Manajemen, S1 Sistem dan Teknologi Informasi, D3 Fisioterapi, D3 Kebidanan, D3 Keperawatan, D3 Optometri dan D3Radiologi.

9. Akper Insan Husada Surakarta


Telah berdiri sejak tahun 2000 silam, kampusnya ada di Jl. Letjen Sutoyo Gg. Jodhipati No.10, Genengan, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127. Secara konsisten Akper Insan Husada menjalankan program studi jenjang S3 Kperawatan

10. Akper Panti Rapih Yogyakarta


Akper Panti Rapih Yogyakarta kini lebih dikenal dengan nama STIKES Panti Rapih Yogyakarta.Kampusnya berlokasi di Jl. Tantular No.401, Pringwulung, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Saat ini STIKES Panti Rapih telah menjalankan tiga program studi berbagai jenjang, yaitu Diploma 3 Keperawatan, S1 Gizi, S1 Keperawatan, dan Profesi Ners.

11. Akper Karya Husada Yogyakarta


Akper Karya Husada telah berganti nama menjadi sebuah Poltekkes yaitu Poltekkes Karya Husada Yogyakarta. Lokasinya terletak di JL. Tentara Rakyat Mataram No 11 B Yogyakarta.

Telah berdiri sejak tahun 2006, Poltekkes Karya Husada Yogyakarta kini telah menjalankan 3 program studi berbagai jenjang yaitu Diploma 3 Keperawatan, Diploma 3 Kebidanan, dan D4 atau Sarjana Terapan Promosi Terapan.

12. Akper Dharma Husada Cirebon


Berlokasi di Jl. Kalitanjung No.112, Karya Mulya, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45143, kampus ini telah berdiri sejak tahun 1995. Akper Dharma Husada Cirebon secara konsisten terus fokus menjalankan satu program studi jenjang Diploma 3 Keperawatan.

13. Akper Adi Husada Surabaya


Akper Adi Husada Surabaya yang kini berubah bentuk instansi menjadi STIKES ini baru berdiri pada tahun 2019. Pergantian dari Akper menjadi STIKES nampaknya wajar karena selain menjalankan program studi jenjang Diploma 3 Keperawatan, STIKES Adi Husada Surabaya juga memiliki program studi S1 Administrasi Rumah Sakit. Kampus STIKES Adi Husada Surabaya berlokasi di Jl. Kapasari No.95, Kapasan, Kec. Simokerto, Surabaya, Jawa Timur 60141.

14. Akper Hutama Abdi Husada Pemkab Tulungagung


STIKES Hutama Abdi Husada Tulungagung Jawa Timur ini telah berdiri sejak tahun 2009. Kampusnya ada di Jl Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kab. Tulungagung – Prov. Jawa Timur – Indonesia.

Selain D3 Keperawatan, STIKES Hutama Abdi Husada Tulungagung juga menjalankan 8 program studi berbagai jenjang lainnya, yaitu D3 Analisis Kesehatan, D3 Kebidanan, D3 Keperawatan, D3 Teknologi Laboratorium Medis, D4 Teknologi Laboratorium Medis, Pendidikan Profesi Ners, Profesi Ners, S1 Ilmu Keperawatan dan S1 Keperawatan

15. Akper Mappa Oudang Makassar


Di Makassar ada satu Akper yang telah konsisten menjalankan program studi jenjang D3 Keperawatan sejak tahun 2012, yaitu Akper Mappa Oudang Makassar. Kampusnya berlokasi di Jl. Andi Mappaodang No.63, Jongaya, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90223.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3022 seconds (0.1#10.140)