10 Kiat Mudah Mengerjakan Tugas Review Jurnal untuk Mahasiswa, Begini Caranya

Kamis, 07 September 2023 - 14:29 WIB
loading...
10 Kiat Mudah Mengerjakan Tugas Review Jurnal untuk Mahasiswa, Begini Caranya
Tugas review jurnal adalah hal yang lazim diberikan dosen kepada mahasiswa. Untuk mengerjakan itu butuh sejumlah strategi agar lancar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini kiat mudah mengerjakan tugas review jurnal bagi mahasiswa. Mendapatkan tugas review jurnal adalah hal yang lazim diberikan dosen kepada mahasiswa.

Meski sekilas mudah namun nyatanya tidak semua mahasiswa bisa mengerjakan tugas ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa langkah mudah yang dapat membantu kamu mengerjakan tugas review jurnal dengan sukses

10 Kiat Mengerjakan Tugas Review Jurnal Biar Berjalan Lancar


1. Pilih Jurnal yang Sesuai


Langkah pertama adalah memilih jurnal atau artikel yang sesuai dengan topik tugasmu. Pastikan jurnal tersebut relevan dengan bidang studi kamu dan memiliki relevansi dengan topik tugas yang diberikan.

2. Baca dengan Teliti

Setelah memilih jurnal, baca artikel tersebut dengan teliti. Luangkan waktu untuk memahami tujuan penelitian, metode yang digunakan, hasil, dan kesimpulan.Catat poin-poin penting dan buat ringkasan singkat dari artikel tersebut.


3. Identifikasi Poin Utama


Identifikasi poin-poin utama yang disampaikan oleh penulis dalam artikel termasuk pernyataan masalah, hipotesis, metode penelitian, temuan utama, dan kesimpulan. Pahami kerangka konseptual penelitian tersebut.

4. Buat Catatan


Kiat review menulis jurnal selanjutnya adalah dengan membuat catatan. Selama membaca, buat catatan tentang poin-poin penting, pertanyaan yang muncul, atau komentar Anda tentang artikel tersebut. Ini akan membantu Anda dalam menyusun ulasan Anda nantinya.

5. Mulai Susun Review


Buatlah review jurnal yang terstruktur dan jelas berdasarkan catatan dan pemahaman Andkamua tentang artikel. Mulailah dengan ringkasan singkat artikel, kemudian bahas poin-poin utama, evaluasi metode dan hasil, serta saran atau komentar Anda.

6. Hindari Plagiat


Kiat menulis review jurnal selanjutnya adalah, pastikan kamu tidak melakukan plagiat. Gunakan kata-kata sendiri untuk menyampaikan pemikiran dan evaluasimu. Jika kamu mengutip teks dari artikel, berikan kutipan yang benar dan tautan ke sumber asli.

7. Revisi dan Periksa Kesalahan


Sebelum mengirimkan tugas review jurnal, periksa tata bahasa, ejaan, dan kesalahan lainnya. Pastikan tulisan kamu jelas dan mudah dimengerti.


8. Evaluasi Metode Penelitian


Perhatikan metode penelitian yang digunakan oleh penulis. Tinjau apakah metode tersebut sesuai dengan tujuan penelitian dan apakah data dikumpulkan dan dianalisis dengan benar. Pertimbangkan kekuatan dan kelemahan metode tersebut.

9. Analisis Hasil


Analisis temuan yang disajikan dalam artikel. Apakah hasil penelitian mendukung hipotesis atau tidak? Pertimbangkan apakah data telah diinterpretasikan secara benar dan apakah kesimpulan yang diambil masuk akal.

10. Cek Referensi


Periksa daftar referensi yang digunakan oleh penulis. Pastikan bahwa artikel ini didasarkan pada literatur yang relevan dan terpercaya. Evaluasi apakah ada potensi bias dalam seleksi referensi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1657 seconds (0.1#10.140)