Penting Diketahui Mahasiswa, Ini 7 Rekomendasi Situs Jurnal Nasional dan Internasional

Kamis, 07 September 2023 - 15:55 WIB
loading...
Penting Diketahui Mahasiswa, Ini 7 Rekomendasi Situs Jurnal Nasional dan Internasional
7 rekomendasi situs jurnal nasional dan internasional yang penting diketahui mahasiswa. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Situs jurnal sangatlah penting buat para mahasiswa yang ingin mencari-cari jurnal untuk memberikan wawasan baru dalam bidang yang sudah dipelajari. Dengan membaca jurnal juga dapat membuka kesempatan untuk mengeksplorasi topik-topik baru dalam bidang yang sama.

Selain itu jurnal juga dapat membantu mahasiswa dan mahasiswi dalam memahami tren dan isu-isu terkini di bidang ilmu pengetahuan tertentu.

Tapi, beberapa dari kamu mungkin masih bingung dan belum mengetahui bagaimana cara mencari jurnal ilmiah melalui internet.

Berikut ini terdapat kumpulan situs jurnal nasional dan internasional yang harus diketahui.

7Situs Jurnal Nasional dan Internasional Penting untuk Mahasiswa

1. Situs academia.edu


Situs ini menyediakan berkas dokumen gratis yang bisa diunggah, menyimpan dokumen, dan dapat menentukan dokumen sesuai dengan bidang akademik. Situs academia.edu ditujukan untuk mahasiswa, ilmuwan, peneliti, dan akademisi.

Baca juga: 10 Kiat Mudah Mengerjakan Tugas Review Jurnal untuk Mahasiswa, Begini Caranya

2. Situs E-resources.perpusnas.go.id


Website ini merupakan laman resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) yang bisa kamu kunjungi untuk mencari jurnal nasional. Sebelum kamu mencari jurnal, hal yang harus kamu lakukan terlebih dulu yaitu dengan mendaftar sebagai anggota dan membuat akunnya, setelah itu kamu bisa mengaksesnya kapanpun dengan gratis.

3. Situs Sciencedirect.com


Buat kamu yang sedang mencari jurnal internasional bisa kamu dapatkan di situs ini. Karena sciencedirect.com menyediakan berbagai jurnal internasional yang bersifat open access, sehingga semua pengunjung situs dapat mengaksesnya sepuasnya.

4. Situs Oxford Academic


Dalam situs ini juga menyediakan berbagai jurnal ilmiah yang dapat diakses secara gratis dan dapat diunduh. Sehingga para pengunjung situs ini bisa dengan mudah mengaksesnya.

Baca juga: 5 Situs untuk Bantu Tugas Kuliah Mahasiswa, Ini Daftar Websitenya

5. Researchgate.net


Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mengakses situs ini dengan membuat daftar dan akun terlebih dahulu menggunakan email. Dalam situs ini juga kamu bisa berbagi dan juga meminta jurnal ke anggota lainnya.

6. Google Scholar


Situs yang satu ini mungkin sudah familiar untuk mencari jurnal penelitian. Google Scholar atau yang juga dikenal denganGoogle cendekia yang berfokus menyajikan berbagai karya tulis dan karya ilmiah dari berbagai bahasa.

7. Lipi.go.id


Jika kalian ingin mencari jurnal terpercaya dari situs pemerintah, situs yang satu ini jangan terlewatkan.

Di situs LIPI, kamu bisa dengan mudah mengunduh semua jurnal yang tersedia di situs tersebut secara gratis dan jurnal sudah tersedia dalam bahasa Indonesia juga.

Nah, itulah beberapa rekomendasi situs jurnal nasional dan internasional yang harus diketahui. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian untuk menemukan jurnal yang dicari.

MG/Talitha Luthfiana Safa
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)