Kisah Rahmat, Gagal Kuliah Kedokteran di China karena Pandemi Kini Raih Beasiswa ke Amerika

Minggu, 10 September 2023 - 12:12 WIB
loading...
Kisah Rahmat, Gagal Kuliah Kedokteran di China karena Pandemi Kini Raih Beasiswa ke Amerika
Rahmat meraih beasiswa MOSMA Kemenag ke Amerika Serikat. Foto/Kemenag.
A A A
JAKARTA - Rahmat memiliki cita-cita kuliah kedokteran karena melihat desanya yang terbatas jumlah dokternya. Namun asa untuk tembus kuliah kedokteran gagal berkali-kali.

Anak Dusun dengan Cita-Cita Tinggi


Rahmat berasal dari Dusun Lombongan, sebuah dusun terpencil di bagian selatan Provinsi Sulawesi Barat. Rahmat kecil akrab disapa "ade" karena postur tubuhnya yang pendek dan selalu terlihat seperti adik laki-laki bagi anak seumurannya.

Dia adalah anak bungsu dari 8 bersaudara, pasangan Ruhaniah dan Muh. Ridha. Ibunya seorang petani sekaligus ibu rumah tangga, sedang bapak seorang pensiunan guru agama sekaligus seorang nelayan.

Lulus SMP, Rahmat melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Lampoko. Lokasi pesantren ini berjarak sekitar 75 km dari desanya. Lembaga pendidikan keagamaan khas Indonesia ini memiliki banyak alumni yang kuliah di berbagai perguruan tinggi.

Baca juga: IISMA Buka Jalan Mahasiswa PNJ Meraih Beasiswa S2 di Coventry University

Saat itu, cita-citanya untuk menjadi dokter masih membumbung tinggi. Sadar memiliki banyak keterbatasan, Rahmat berusaha lebih keras. Dia belajar lebih giat agar bisa mengejar teman-temannya. Selama di pesantren, dia juga belajar berorganisasi.

“Alhamdulillah, enam tahun mondok, saya menjadi lulusan terbaik. Ini tentu menjadi kebanggaan untuk seorang anak desa,” sebutnya.

Lulus jadi santri, Rahmat masih memiliki tekad kuat untuk menjadi dokter. Dia pun mendaftar ke Universitas Hasanuddin pada 2018 melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Sayangnya, dia tidak tembus pilihan pertamanya di jurusan Kedokteran Unhas melainkan diterima di jurusan Mechanical Engineering. Meski kecewa dan sedih namun dia tetap lanjut kuliah di jurusan ini.

Keluar dari Unhas, Berkali-kali Gagal Daftar Kedokteran di PTN Lain


Berjalan dua semester di Unhas, Rahmat sadar bahwa jurusan sekarang bukan yang diimpikan. Dia lalu kembali mendaftar kedokteran di berbagai jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri. Hasilnya sama, dia selalu ditolak.

Jenuh mendera, ide iseng muncul tak terduga. Rahmat daftar kedokteran di luar negeri, yaitu China. Peluangnya mungkin kecil, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Mujur, Rahmat dinyatakan lulus pada salah satu universitas di China untuk program MBBS dengan beasiswa tuition fee dari pemerintah di sana. MBBS adalah singkatan dari Bachelor of Medicine and Bachelor of Surgery. Program ini memberikan kualifikasi kedokteran umum dan bedah sekaligus pada akhir program.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)