5 PTN Tertua di Pulau Sumatra, Cek Fakultas yang Tersedia

Senin, 11 September 2023 - 12:45 WIB
loading...
5 PTN Tertua di Pulau Sumatra, Cek Fakultas yang Tersedia
Mengulas lima perguruan tinggi negeri (PTN) tertua di Pulau Sumatra. Mulai Universitas Andalas hingga Universitas Sriwijaya. Foto/Unand.
A A A
JAKARTA - Artikel kali ini akan mengulas lima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tertua di Pulau Sumatra. Kelima kampus negeri ini pun sudah masuk daftar pemeringkatan dunia seperti QS World University Ranking dan UniRank.

Jika selama ini kalian hanya mengenal PTN yang berlokasi di Pulau Jawa, seperti UGM, ITB, IPB University, atau Unair maka kali ini kita akan mengupas mengenai kampus negeri yang berada di Pulau Sumatra.

Pulau Sumatra memiliki banyak perguruan tinggi yang berkualitas dan patut dilirik sebagai pilihan melanjutkan ke perguruan tinggi, baik itu perguruan tinggi negeri dan juga perguruan tinggi swasta.

Terkait PTN, kali ini akan diulik mengenai PTN tertua yang ada di Pulau Sumatra seperti Unand, UNP, USK, USU, dan Unsri.

Baca juga: Riwayat Pendidikan Anak Ganjar Pranowo, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, Sama-sama Kuliah di UGM

Dikutip dari masing-masing laman resmi, berikut ini 5 PTN tertua di Pulau Sumatra dan fakultas yang tersedia.

5 PTN Tertua di Pulau Sumatra

1. Universitas Andalas (Unand)


Kampus negeri kebanggaan masyarakat Sumatra Barat ini hadir seiring dengan diproklamirkannya kemerdekaan RI oleh Soekarno-Hatta.

Diawali oleh pendirian enam akademi yakni kademi Pamong Praja, Akademi Pendidikan Jasmani, dan Akte A Bahasa Inggris, Akademi Kadet, dan Sekolah Inspektur Polisi pada 1948.

Lalu pada 17 Agustus 1951, Yayasan Sriwijaya berinisiatif mendirikan Balai Perguruan Tinggi Hukum Pancasila (BPTH). Pemerintah kemudian mengikuti dengan mendirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Batu Sangkar pada 1954.
5 PTN Tertua di Pulau Sumatra, Cek Fakultas yang Tersedia

Universitas Andalas. Foto/Unand

Disusul Perguruan Tinggi Negeri Pertanian di Payakumbuh pada 30 November 1955 dan Fakultas Kedokteran serta Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Pengetahuan Alam di Bukittinggi pada tanggal 7 September 1955.

Kelima fakultas inilah yang menjadi embrio pendirian Unand. Wakil Presiden pertama Indonesia Mohammad Hatta yang mengusulkan nama Universitas Andalas yang merujuk kepada nama Pulau Sumatra.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3413 seconds (0.1#10.140)