Kuliah S2 di Luar Negeri Berapa Lama? Ini Durasinya di Sejumlah Negara

Rabu, 13 September 2023 - 10:30 WIB
loading...
Kuliah S2 di Luar Negeri Berapa Lama? Ini Durasinya di Sejumlah Negara
Kuliah jenjang S2 kampus luar negeri berbeda-beda durasinya setiap negara. Tapi rata-rata S2 bisa ditempuh selama dua tahun. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini durasi kuliah S2 di perguruan tinggi sejumlah negara.Kuliah S2 di luar negeri merupakan impian banyak orang yangmenginginkan pendidikan lebih baik maupun meningkatkan karier. Bagi kamu berencana melanjutkan pascasarjana dengan belajar di luar negeri mungkin penasaran berapa tahun durasi studinya dan apakah sama dengan Indonesia.

Mungkin juga selama ini informasi yang berkembang bahwa durasi kuliah pascasarjana di luar negeri kabarnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan Indonesia. Namun, benarkah demikian? Artikel kali ini akan mengulas secara tuntas perihal durasi kuliah S2 di sejumlah negera di dunia.

Durasi Kuliah Jenjang S2 di Sejumlah Negara

1. Amerika Serikat


Durasi belajar untuk menyelesaikan kuliah sarjana di Amerika Serikat umumnya sama dengan di Indonesia, yaitu 4 tahun. Meski demikian, berbeda dengan di Indonesia di mana sebagian besar orang langsung masuk ke universitas begitu lulus SMA.

Pelajar di Amerika umumnya akan masuk College terlebih dahulu selama dua tahun. College sendiri adalah perguruan tinggi 2 tahun yang menggunakan sistem kredit nantinya dapat di transfer langsung ke tingkat 3 universitas setelah lulus.



Sementara itu, untuk mendaftar kuliah pascasarjana di Amerika Serikat pihak kampus mewajibkan untuk mengambil ujian tertentu. Hal ini berdasarkan jurusan kuliah seperti master of business administration yang nantinya akan mahasiswa pilih.

Lalu berapa tahun kuliah S2 di luar negeri khususnya Amerika? Umumnya durasi pendidikan S2 di luar negeri seperti Amerika adalah 2 tahun, namun ada pula yang hanya 1 tahun untuk jurusan tertentu seperti jurnalistik.

2. Inggris


Berbeda dengan di Indonesia, pendidikan di tingkat bachelor di negara-negara Inggris Raya membutuhkan waktu 3 tahun. Namun, universitas di Inggris menerapkan standar yang tinggi untuk dapat di terima.

Selain itu kurikulum internasional adalah hal yang wajib bagi setiap pelajar internasional. Bagi yang tidak memenuhi kualifikasi untuk mendaftar, biasanya dapat mengikuti program foundation atau pathway terlebih dahulu selama satu tahun. Dengan demikian, durasinya keseluruhannya bisa mencapai 4 tahun bahkan lebih.

Selain itu, berapa tahun untuk kuliah S2 di inggris bagi pelajar dari luar negeri juga dapat beragam. Meski program kuliah pascasarjana sendiri hanya berdurasi satu tahun, tetapi bisa menjadi 2 tahun atau lebih jika masuk dengan program Graduate Pathway.

Selain itu, kuliah pascasarjana di Inggris terdiri dari dua jenis yaitu “taught” yang berfokus pada teori dan “research” yang berfokus pada penelitian. Fokus tersebut juga dapat menjadi pembeda durasi waktu bagi masing-masing studi s2 di luar negeri yang di ambil.

3.Australia


Jika kuliah S2 di luar negeri dari negara sebelumnya tingkatan pendidikan adalah yang utama, maka Australia memiliki batasan umur untuk mendaftar di univrsitas. Batasan umur ke universitas di negara Australia yaitu 18 tahun.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)