Cerita Dyana, Anak Petani Wisudawan Termuda UNY Berusia 21 Tahun, Kuliahnya Jurusan Otomotif

Rabu, 13 September 2023 - 16:42 WIB
loading...
Cerita Dyana, Anak Petani Wisudawan Termuda UNY Berusia 21 Tahun, Kuliahnya Jurusan Otomotif
Dyana Arum Nugraini menjadi wisudawan termuda Universitas Negeri Yogyakarta. Foto/UNY.
A A A
JAKARTA - Dyana Arum Nugraini menjadi wisudawan termuda Universitas Negeri Yogyakarta ( UNY )setelah dinyatakan lulus pada wisuda awal September lalu. Anak dari seorang petani ini meraih gelar S1 di usianya yang masih 21 tahun 1 bulan.

Dyana adalah mahasiswi D4 Teknik Otomotif Fakultas Vokasi UNY tahun 2019 ini menjadi lulusan termuda. Gadis kelahiran Sleman 12 Agustus 2002 itu memang masuk TK di usia 4 tahun.

Sekolah TK ditempuhnya hanya delapan bulan lalu setelah itu dia lanjut kuliah SD hingga bisa masuk sekolah menengah kejuruan (SMK) pada tahun 2016 saat usianya baru 13 tahun.

Meski masuk sekolah di usia masih muda namun ternyata otaknya sangat encer. Dyana pun bisa mengikuti pembelajaran dengan baik dan bisa naik kelas seperti teman-temannya yang usianya terpaut di atasnya.

Baca juga: Karier Pendidikan Ridwan Kamil, Kandidat Cawapres yang Ditimbang PDIP, Pemilik Gelar Master of Urban Design

Gadis Penyuka Otomotif


Dyana adalah alumnus SMKN 2 Yogyakarta dan mengambil jurusan otomotif karena kakak laki-lakinya yang berkuliah di jurusan otomotif. Anak kedua dari dua bersaudara itu ternyata sangat menyukai kakaknya bongkar pasang mesin motor.

Bukan hanya mengenal mesin yang membuat dia tertarik masuk jurusan otomotif, namun dia diberitahu kalau jurusan ini akan mempelajari ilmu yang sangat kompleks mulai dari proses teori, perancangan, serta praktik langsung di lapangan.

“Saat di bangku kelas 3 SMK, saya mulai belajar mengerjakan test untuk masuk perguruan tinggi” katanya, dikutip dari laman UNY, Rabu (13/9/2023).

Dyana pun memilih UNY untuk memperdalam rasa ketertarikannya di dunia otomotif, khususnya di jenjang sarjana terapan (D4) Teknik Otomotif karena dia ingin lebih banyak kuliah praktik.

Dyana belajar giat dan pada 2019 dia pun diterima sebagai mahasiswa baru di jalur mandiri UNY. “Hal yang saya tanamkan pada diri saya sebelum mengikuti tes, yang penting coba dulu dan usaha yang maksimal," tuturnya.

Dalam proses orientasi jurusan Otomotif D4 2019 yang mayoritas mahasiswanya laki-laki dan perempuan menjadi minoritas, hal tersebut tidak menjadi sebuah permasalahan untuk Dyana karena dengan latar belakang dari SMK dapat beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1989 seconds (0.1#10.140)