14 Situs Jurnal Internasional Gratis untuk Mahasiswa, Perlancar Tugas Akhir

Kamis, 14 September 2023 - 18:00 WIB
loading...
14 Situs Jurnal Internasional Gratis untuk Mahasiswa, Perlancar Tugas Akhir
Situs atau laman Perpustakaan Nasional (Perpusnas) https:/ejournal.perpusnas.go.id, menyediakan jurnal internasional yang bisa diakses baik secara online maupun offline. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Ini daftar 14 rekomendasi situs jurnal internasional gratis untuk mahasiswa tingkat akhir. Sebagai mahasiswa akhir, akses ke jurnal internasional berkualitas dan terpercaya sangat penting untuk mendukung penelitian dan penulisan tugas akhir.

Salah satu sumber daya yang sangat berharga adalah jurnal internasional di mana di dalamnya memuat artikel-artikel ilmiah terkini dalam berbagai bidang. Sebagai seorang mahasiswa kamu harus mengetahui situs jurnal internasional yang bisa dijadikan sebagai referensi. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 14 situs jurnal internasional gratis yang bisa membantu memperlancar tugas akhir mahasiswa.

14 Situs Jurnal Internasional Gratis untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

1. Directory of Open Access Journals (DOAJ) – www.doaj.org


DOAJ adalah direktori yang mengindeks ribuan jurnal akses terbuka di berbagai bidang ilmu. Situs ini menyediakan akses gratis penuh ke artikel-artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal-jurnal terverifikasi.

Jika kamu mengunjungi situs ini maka akan menemukan banyak artikel ilmiah yang bisa diakses secara gratis kapanpun kamu inginkan. Ada lebih dari 10.000 jurnal dari berbagai negara di dunia.

2. ResearchGate – www.researchgate.net


ResearchGate adalah platform sosial ilmiah yang memungkinkan para peneliti membagikan dan mengakses artikel ilmiah secara gratis. Situs ini menyediakan akses ke jurnal-jurnal yang diunggah oleh peneliti dari seluruh dunia.

Meskipun menyediakan akses gratis, namun ada juga beberapa karya ilmiah yang membutuhkan izin. Jadi tidak semua karya yang ada di situs ini bisa diakses secara bebas. Meskipun demikian, karya ilmiah gratis yang tersedia di sini cukup banyak sehingga tetap sangat direkomendasikan bagi mahasiswa.

3. SpringerOpen – www.springeropen.com


SpringerOpen adalah platform penerbitan dengan akses gratis yang mencakup berbagai bidang ilmu. Situs ini menyediakan akses gratis ke jurnal-jurnal Springer yang diterbitkan secara terbuka.

4. Google Scholar – https://scholar.google.com


Google Scholar adalah mesin pencari akademik yang dapat digunakan untuk menemukan artikel-artikel ilmiah dari berbagai sumber. Meskipun tidak semua artikel tersedia secara gratis, kamu masih dapat menemukan banyak artikel yang dapat diakses secara gratis melalui Google Scholar.



Jurnal yang tersedia pun beragam, mulai dari jurnal Indonesia hingga jurnal Internasional. Jenis karya ilmiah yang tersedia pun mulai dari tesis, jurnal, dan e-book. Kamu bisa mengaksesnya secara gratis melalui situs ini.

5. arXiv – arxiv.org


arXiv adalah repositori yang berfokus pada bidang fisika, matematika, komputer, dan ilmu komputasi lainnya. Situs ini menyediakan akses gratis ke ribuan makalah preprint yang dikirim oleh peneliti dari seluruh dunia.

6. Hindawi – www.hindawi.com


Hindawi adalah penerbit jurnal ilmiah dengan akses gratis yang mencakup berbagai bidang, termasuk sains, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial. Jurnal-jurnal Hindawi menawarkan akses gratis penuh ke artikel-artikel yang diterbitkan.

7. Open Access Library – www.oalib.com


Open Access Library adalah platform yang menyediakan akses gratis ke ribuan jurnal ilmiah akses terbuka dalam berbagai bidang. Situs ini memungkinkan akses bebas tanpa batasan kepada para peneliti dan mahasiswa akhir.

8. ProQuest – https://www.proquest.com


ProQuest adalah database (pangkalan data) jurnal elektronik yang berpusat di Ann Arbor, Amerika Serikat. Situs ini menyediakan sumber informasi ilmiah bagi peneliti, dosen, dan mahasiswa.

Kamu bisa mencari jurnal yang ingin dijadikan referensi berdasarkan kata kunci. Dalam situs ini, tak hanya tersedia jurnal Internasional, tetapi juga buku, video dan audio pembelajaran, dan surat kabar.

9. Academia.edu – https://www.academia.edu


Mahasiswa Indonesia banyak yang sudah sangat mengenal situs Academia.edu. Situs ini banyak direkomendasikan oleh para dosen untuk para mahasiswanya. Di dalam situs ini, kamu bisa berinteraksi dengan para akademisi dari berbagai negara.

Kamu bisa mendapatkan banyak referensi untuk penelitian ilmiah. Karya-karya yang ada di situs ini sangat banyak dan kamu bisa mengaksesnya secara gratis. Apabila ternyata ingin mengunduh jurnal dari situs jurnal internasional untuk mahasiswa ini, syarat yang dibutuhkan adalah harus memiliki akun Google atau akun Facebook.


10. International Journal of Education & the Arts – http://www.ijea.org


Jurnal internasional yang fokus pada bidang pendidikan dan seni. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan penelitian dan kajian teoritis yang mengintegrasikan pendidikan dan seni sebagai elemen penting dalam pembelajaran dan pengembangan individu. IJEA diterbitkan secara daring dan tersedia secara gratis untuk diakses oleh pembaca di seluruh dunia.

11. BioMed Central – www.biomedcentral.com


BioMed Central adalah penerbit jurnal ilmiah dengan akses gratis yang mencakup berbagai bidang biologi, kedokteran, dan ilmu kesehatan. Situs ini menyediakan akses gratis ke artikel-artikel ilmiah berkualitas tinggi.

12. Perpustakaan Nasional (Perpusnas) – https://ejournal.perpusnas.go.id


Situs atau laman Perpustakaan Nasional (Perpusnas) ini tidak hanya menyediakan koleksi buku dan majalah saja, namun juga menyediakan jurnal internasional yang bisa diakses baik secara online maupun offline.

Akan tetapi agar dapat mengaksesnya, kamu perlu mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu, setelah terdaftar sebagai anggota resmi, barulah kamu bisa mencari jurnal internasional di dalamnya.

13. Public Library of Science (PLOS) – www.plos.org


PLOS adalah kelompok penerbit jurnal ilmiah dengan akses gratis yang mencakup berbagai bidang ilmu. Jurnal ini menyajikan penelitian asli dengan fokus pada metode ilmiah yang kuat dan hasil yang dapat direproduksi. Situs ini menyediakan akses gratis penuh ke jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh PLOS.

14. PubMed Central – www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc


PubMed Central adalah arsip digital yang memberikan akses gratis ke artikel ilmiah dalam bidang biomedis dan kesehatan. Situs ini mencakup jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh National Institutes of Health (NIH) dan penerbit lainnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)