Tingkatkan APK Perguruan Tinggi, Ditjen Diktiristek Rancang 5 Strategi

Jum'at, 15 September 2023 - 16:02 WIB
loading...
Tingkatkan APK Perguruan Tinggi, Ditjen Diktiristek Rancang 5 Strategi
Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Prof Nizam hadir secara virtual pada Bincang Edukasi Sinergitas Tingkatkan APK Bermutu dan Berkeadilan di Universitas Yarsi. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek telah merancang lima strategi untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi. Program yang dirancang berlaku di perguruan tinggi negeri dan swasta.

Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek Prof Nizam mengatakan, peningkatan APK saja sebenarnya tidak cukup untuk meningkatkan kompetensi angkatan kerja. Namun bagaimana untuk memastikan pendidikan tinggi yang berkualitas dan relevan ini juga penting.

Namun terkait dengan peningkatan APK Perguruan Tinggi, dia menerangkan, Kemendikbudristek memiliki lima strategi. Pertama dengan mentransformasi Universitas Terbuka (UT) menjadi ICE Institute.

Baca juga: Jadi Wisudawan Tertua Berusia 58 Tahun di ITS, Irfan: Saya Ketagihan Menuntut Ilmu

"Kita transformasi agar seluruh PTN dan PTS bisa berkolaborasi untuk memberikan akses kepada modul pembelajaran dan dosen berkualitas yang bisa dishare secara nasional," kata Nizam dalam keterangan resminya, Jumat (15/9/2023).

Pada Bincang Edukasi Sinergitas Tingkatkan APK Bermutu dan Berkeadilan di Universitas Yarsi hadir pula Ketua MRTPNI Prof DR Ganefri, Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian, Ketua APTISI Prof Ir M Budi Djatmiko, dan Wakil Bendahara II Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Muhammad Muchlas Rowi, dan Rektor Universitas Yarsi Prof dr Fasli Jalal.

Selain itu, Guru Besar UGM ini menuturkan, peningkatan kapasitas PTN dan PTS dan fasilitasi merger PTS kecil juga menjadi strategi yang dilakukan Kemendikbudristek untuk meningkatkan APK Perguruan Tinggi.

Tidak hanya itu, jelasnya, adanya program beasiswa berkeadilan dan tepat sasaran yakni dengan KIP Kuliah akan dapat meningkatkan akses kepada mahasiswa tidak mampu untuk bisa meningkatkan strata sosialnya.

"Penguatan mutu dosen dan tenaga pendidik (Tendik) sebagai tulang punggung mutu pendidikan melalui penataan sistem karier juga pemberian beasiswa, mobilitas, dan internship dosen dan tendik," katanya menerangkan strategi peningkatan APK.

Selain itu penguatan sistem tata kelola di Ditjen Diktiristek juga dilakukan sehingga semua layanan wajib dilakukan secara daring sehingga bisa menekan layanan transaksional dan langsung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)