Tri Dharma Perguruan Tinggi, Istilah Populer di Kampus yang Belum Tentu Dipahami

Selasa, 19 September 2023 - 17:23 WIB
loading...
Tri Dharma Perguruan Tinggi, Istilah Populer di Kampus yang Belum Tentu Dipahami
Istilah Tri Dharma Perguruan Tinggi cukup familiar di lingkungan kampus. Meski demikian, tak semua mahasiswa memahami apa itu arti Tri Dharma Perguruan Tinggi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini arti Tri Dharma Perguruan Tinggi sebenarnya. Istilah Tri Dharma Perguruan Tinggi sering kita dengar ketika kuliah. Meski demikian, belum semua orang memahami apa arti Tri Dharma Perguruan Tinggi termasuk apa yang terkandung di dalamnya.

Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi salah satu gol yang perlu dicapai dan dilaksanakan oleh semua Perguruan Tinggi di negeri ini. Untuk membahas secara detail dan tuntas apa yang dimaksud Tri Dharma Perguruan Tinggi, artikel kali ini akan mengulasnya satu persatu hingga tuntas

Tri Dharma Perguruan Tinggi Secara Umum

1. Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi salah satu gol yang perlu dicapai dan dilaksanakan oleh semua Perguruan Tinggi di negeri ini. Perguruan Tinggi tersebut diharuskan untuk melahirkan para pemuda dan orang-orang terpelajar yang dapat memiliki semangat tinggi, visi misi berkualitas, pemikiran kreatif, mandiri, disiplin, serta inovatif.

2. Tentu saja agar kedepannya ia dapat membangun bangsa pada sektor yang sesuai dengan kemampuan yang sudah ia kuasai.

3. Jadi inti dari Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut mengandung 3 poin utama. Poin dari Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut merangkum ‘Pendidikan dan Pengajaran’, kemudian ada ‘Penelitian dan Pengembangan’, dan yang ketiga adalah ‘Pengabdian Kepada Masyarakat’.

4. Maka dari itu, Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan suatu tanggung jawab yang diemban bersama pada semua elemen yang ada pada Perguruan Tinggi tersebut. Bukan hanya diemban mahasiswa saja, tapi dosen, dan semua yang tergabung dalam akademi pun memiliki tanggung jawab serupa.


3 Poin Utama Tri Dharma Perguruan Tinggi

1. Pendidikan dan Pengajaran


Pada poin pertama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang perlu kamu kenali adalah Pendidikan dan Pengajaran. Hal satu ini amat penting dalam sebuah proses belajar di semua institusi pendidikan. Pada undang-undang pendidikan tinggi pun menjelaskan dengan jelas mengenai arti pendidikan tersebut.

Pendidikan sejatinya adalah sebuah usaha yang harus dilaksanakan secara sadar serta terencana. Tujuan dari pendidikan tersebut tentu saja demi mewujudkan sebuah lingkungan belajar serta proses pembelajaran yang bermutu. Supaya peserta didik yang menuntut ilmu dapat mengembangkan beberapa potensi dalam dirinya.

Jika tidak ada proses belajar yang baik, maka pasti SDM unggul serta berkualitas akan dihasilkan dengan minim. Hal ini tentu akan berimbas pada proses pembangunan bangsa suatu negara. Orang-orang hebat dan berkompeten dapat mengelola serta memberikan dampak yang baik untuk kemajuan bagi Indonesia.

2. Penelitian dan Pengembangan


Pada poin kedua di Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah tentang penelitian dan pengembangan yang perlu dipahami juga. Mahasiswa serta budaya yang ada di suatu kampus harus berlandaskan pada penelitian serta pengembangan.

Tujuan utamanya agar kampus mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia yang sempurna dalam perkembangan akal budinya, tajam dalam menganalisa, mempunyai daya cipta, dan haruslah tidak sekadar bekerja saja saat terjun pada karir yang ia pilih.

Di negara-negara maju yang ada di seluruh dunia, secara umum mereka sudah mempunyai budaya penelitian serta pengembangan yang cukup tinggi. Perkembangan teknologi yang amat cepat, pembaruan, dan beberapa produk solutif yang modern, terlahir dari sebuah penelitian serta pengembangan.

Research and Development ini menjadi hal yang harus senantiasa dilakukan oleh bangsa ini jika ingin tumbuh dan berkembang. Dalam hal melaksanakan pemeriksaan yang teliti serta pengembangan, tentu akan banyak berefek pada pertumbuhan sektor ekonomi, ilmu pendidikan, umum dan sosial, serta sektor penting lain yang ada di lingkungan masyarakat.

3. Pengabdian Kepada Masyarakat


Mungkin kamu sudah pernah mendengar atau mengetahui tentang kegiatan mahasiswa tingkat akhir yang melakukan kerja lapangan di beberapa daerah hingga ke pelosok negeri ini.

Hal ini bukan sekadar aktivitas biasa atau formalitas saja. Kegiatan satu ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang menjadi salah satu poin yang ada dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut.

Ilmu dan pengetahuan yang sudah didapat dapat difungsikan sesuai yang semestinya dan jangan sampai hanya disimpan untuk diri sendiri saja. Sebab wawasan yang dimiliki akan jauh lebih memberi manfaat apabila diamalkan oleh orang lain.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)
pixels