10 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Bahasa dan Sastra Inggris, Ada yang Digaji Ratusan Juta

Sabtu, 23 September 2023 - 14:30 WIB
loading...
10 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Bahasa dan Sastra Inggris, Ada yang Digaji Ratusan Juta
Salah satu peluang kerja lulusan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris adalah menjadi penulis yang konon gajinya bisa sampai ratusan juta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 prospek kerja menjanjikan lulusan jurusan Bahasa Inggris dan sastra Inggris. Kamu terdaftar sebagai mahasiswa jurusan bahasa Inggris dan sastra Inggris atau berminat kuliah di kedua jurusan? Saat ini Bahasa Inggris tercatat sebagai bahasa internasional dan menjadi bahasa yang paling sering dipakai.

Bahasa Inggris juga sering dipakai sebagai bahasa untuk berbisnis dan berdagang antar negara. Hal ini membuat kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk berbagai jenis pekerjaan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 prospek kerja lulusan menjanjikan jurusan Bahasa Inggris.

10 Prospek Kerja Lulusan Bahasa dan Sastra Inggris

1. Pengajar


Menjadi lulusan bahasa asing, tentu kamu bisa menjadi pengajar bahasa asing baik menjadi seorang guru, dosen, maupun instruktur kursus, UBLizen. Bukan hanya mengajar bahasa asing untuk orang Indonesia, tetapi kamu juga bisa menjadi seorang pengajar bahasa Indonesia untuk para penutur asing yang sedang mendalami bahasa Indonesia. Multifungsi, kan?

2. Editor / Penyunting Bahasa


Kian berkembangnya industri media cetak dan digital, kebutuhan akan penulis dan editor juga kian bertambah setiap waktu. Terlebih lagi, banyak sekali naskah terjemahan dari penulis mancanegara yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Maka lulusan bahasa dan sastra asing sangat memiliki tempat untuk mengisi pekerjaan ini.

3. Penulis


Sering bermain dengan kata-kata, lulusan sastra atau bahasa asing pun bisa banget jadi penulis! Penulis terlibat aktif dalam menciptakan dan mengembangkan karya fiksi dan non-fiksi. Selain itu, media baru juga banyak membuka kesempatan untuk para penulis di berbagai macam bidang, seperti copywritermaupun content writer, UBLizen.

Tidak usah diragukan gajinya, menjadi freelance writer saja kamu akan mendapatkan gaji rata-rata Rp365 ribu per jam, atau sekitar Rp8 juta per hari, dan jika dihitung perbulan, kamu akan mendapat gaji sekitar Rp271 juta per bulan.

4.Pustakawan Akademik

Untuk kamu yang begitu mencintai buku atau dunia akademik lainnya, profesi ini sangat cocok untukmu. Pustakawan akademik bertanggung jawab dalam pelajaran akademis dengan cara mengembangkan pengetahuan khusus seperti dalam pengembangan sistem TIK di berbagai macam proyek perpustakaan.


5.Sastrawan


Nah, kalau profesi yang satu ini tentu menjadi profesi yang paling sesuai dengan jurusan sastra. Sejatinya, jika kuliah di jurusan sastra, tentu akrab dengan sastra, walaupun ini semua tak berlaku secara mutlak. Jika kamu ingin menjadi seorang sastrawan, kamu bisa memilih untuk menjadi seorang novelis, cerpenis, prosais atau esais, kritikus, dll.

6.Penerjemah


Lulusan sastra atau bahasa asing memiliki kesempatan bagus untuk bisa masuk ke dunia translation, baik itu dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk lisan. Menariknya, mahasiswa bahasa asing seringkali dijadikan ‘kamus berjalan’ oleh teman-teman jurusan lain, UBLizen. Jika sejak kuliah saja sudah dibutuhkan, apalagi jika sudah lulus, bukan?

Penerjemah ini juga banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan, ataupun penerbit buku. Menjadi translator/penerjemah juga dapat kamu lakukan secara online. Tapi gaji yang diperoleh lumayan, yakni Rp5 juta-Rp7 Juta per bulan.

7.Ahli Bahasa


Menjadi seorang ahli bahasa adalah kesempatan emas untuk para lulusan sastra asing, terutama yang sewaktu kuliah lebih memilih konsentrasi linguistik, UBLizen. Tugas seorang ahli bahasa di antaranya melakukan logika pembentukan kata di dalam suatu bahasa, meneliti interaksi unsur bahasa, hingga meneliti hubungan antara satu bahasa dengan bahasa yang lain.

8.Asisten Editorial


Pertumbuhan penerbitan digitalyang saat ini kian meningkat, membuat kesempatan untuk bisa bekerja di perusahaan publikasi online lebih meningkat. Peluang ini didapatkan oleh lulusan sastra untuk menjadi asisten editorial, di mana tugasnya adalah mendukung para staf editorial senior di bagian administrasi, perencanaan dan produksi buku, majalah, jurnal, maupun materi online.

9.Wartawan Koran


Lulusan bahasa asing juga bisa menjadi wartawan koran, lho! Jurnalisme koran saat ini juga kian multi-platform, sehingga keterampilan di dalam bidang teknologi informasi kian dihargai. Banyak koran besar di Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris dalam penulisan artikelnya

10.Wartawan Majalah


Tidak jauh berbeda dengan wartawan koran, lulusan sastra asing juga berpeluang untuk menjadi wartawan majalah. Tugasnya adalah meneliti dan menulis artikel berita serta fitur untuk berbagai macam publikasi majalah, dengan berbagai jenis kontenya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)