10 Contoh Teks Berita dengan Unsur 5W + 1H Berbagai Tema

Minggu, 24 September 2023 - 12:40 WIB
loading...
10 Contoh Teks Berita dengan Unsur 5W + 1H Berbagai Tema
10 contoh teks berita dengan unsur 5W+1H dengan berbagai tema. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Contoh teks berita dengan unsur 5W + 1H sangat penting diketahui para pelajar untuk membantu dalam pembuatan teks berita yang akurat dan faktual. Teks berita singkat tetap harus memiliki unsur 5W + 1H yang terdiri dari what (apa), where (di mana), when (kapan), who (siapa), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Teks berita harus ditulis dengan bahasa yang tidak rumit dan berlebihan. Adanya unsur 5W + 1H dalam berita dapat membantu mengidentifikasi siapa yang terlibat dan mengapa peristiwa itu terjadi, juga untuk menghindari spekulasi atau informasi yang tidak benar.

Berikut 10 Contoh Teks Berita dengan Unsur 5W + 1H

1. Jung Hae In Gelar Fan Meeting di Asia


Untuk pertama kali, aktor Jung Hae In akan menggelar fan meeting di beberapa kota Asia. Berdasarkan keterangan FNC Entertainment, event tersebut akan dimulai di Grand Peace Palace, Universitas Kyung Hee, Seoul, pada 28 Juli 2018, pukul 17.00 KST. Kedatangannya ini untuk bisa bertemu penggemarnya di Asia.

Baca juga: Ciri-Ciri Teks Non Sastra dan Jenisnya sebagai Referensi

2. Pesawat yang Dirakit Petani di Enrekang akan Direnovasi Menjadi Helikopter

Pesawat yang dibuat petani bernama Ibrahim di sebuah Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan belum mampu terbang. Sebab memiliki kendala pada landasan pacunya. Ibrahim lalu memutuskan untuk mengubah pesawat buatannya menjadi sebuah helikopter agar bisa terbang.

”Pesawat Ibrahim sendiri telah ada di kebun raya Kabupaten Enrekang. Kemarin mau saya terbangkan, tapi melihat tracknya kurang kayak, pada akhirnya saya batalkan. Jadi, hingga sekarang ini masih berada di sana sampai sekarang”, kata Ibrahim pada saat dikonfirmasi, Rabu (4/2023).

3. Positif COVID-19, Praveen/Melati Batal Bertanding di German Open 2022


Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti batal bertanding di German Open 2022 karena terkonfirmasi positif COVID-19. Kabar ini dikonfirmasi oleh Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin. Keduanya dikonfirmasi positif COVID-19 menjelang keberangkatan pada Jumat (4/3).

Selain Praveen dan Melati, pasangan ganda campuran lainnya yakni Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuella Widjaja juga dikabarkan positif COVID-19. Sementara pelatih mixed doubles PB Djarum, Vita Marissa dinyatakan negatif COVID-19.

4. Rem Blong, Mobil Ferrari Mewah Hantam Pembatas Jalan


Kecelakaan kembali terjadi di ruas tol Cipali tepatnya pada malam hari, 4 Maret 2015. Kecelakaan ini dialami sebuah mobil mewah yang dikendarai seorang anak muda bernama Agus.

Penyebab utama kecelakaan mobil ini karena sang pengemudi berkendara dengan kecepatan di atas 120 km/jam. Saat sedang melaju dengan kecepatan tinggi, pengemudi tiba-tiba tidak bisa mengendalikan mobilnya karena rem yang blong.

Baca juga: Ciri-Ciri Teks Non Sastra dan Jenisnya sebagai Referensi

Akibatnya, mobil Ferrari bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak pembatas jalan. Untungnya sang pengemudi dapat segera diselamatkan dan langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

5. Walikota Makassar Siap Memberikan Bonus untuk Para Atlet yang Berprestasi di Porprov Sulawesi Selatan


Pada hari Minggu 16 Oktober 2022 Badan Pemerintah Kota Makassar melaksanakan Pelepasan serta Pengukuhan Kontingen Pekan Olahraga Provinsi di Sulawesi Selatan yang ke XVII di Karebosi, Makassar. Kota Makassar juga mengirimkan atlet sebanyak 784 untuk menuju ke Porprov Sukses XVII. Moh Ramdhan Danny Pomanto selaku pemimpin Wali Kota Makassar juga bertugas sebagai pembina di upacara bersama dengan kontingen yang ada.

6. Aksi Penurunan juga Pembakaran Baliho serta Spanduk Pilkada di Bogor


Sejumlah masyarakat di Bogor, hari Jumat (11/1) menurunkan serta membakar baliho dan spanduk berukuran besar para calon wali kota serta pasangannya yang sekarang ini sudah terpasang di semua ruas jalan utama di perumahan Kota Bogor. Sedikitnya ada 25 baliho serta empat spanduk yang diturunkan dan dibakar massa. Kejadian ini diketuai oleh Syarief Muhammad Noor yang merupakan tokoh masyarakat di Bogor.

7. Rumah di Palmerah Terbakar

Baca juga: 12 Contoh Puisi Pendek dengan Berbagai Tema

Kebakaran melanda rumah di Jalan Sulaiman, Gang Amal V, Palmerah, Jakarta Barat, pada Senin (11/9/2023) sekitar pukul 17.18 WIB sore. Kebakaran diduga disebabkan korsleting listrik.

“Penyebab kebakaran tersebut diduga korsleting listrik,” kata Kasi Ops Sudin Gulkarmat Jakarta Barat Syarifudin, Selasa (12/9/2023).

8. Manchester City Meraih Rekor Kemenangan Besar di Liga Inggris

Sekarang ini Manchester City ganas sekali, karena menunjukkan kegagahannya dalam persaingan perebutan gelar juara Liga Inggris, setelah berhasil dalam mencapai serta menyakinkan Newcastle jumlah empat gol tanpa balas tepatnya tanggal (19/12/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5144 seconds (0.1#10.140)