Gelar Depan Ijazah dan Gelar Belakang, Simak Perbedaannya

Senin, 25 September 2023 - 10:16 WIB
loading...
A A A
• Ismail Nurrohim S.Ip., M.Hum

Gelar yang dituliskan pun jarang bisa langsung teridentifikasi dikarenakan banyaknya gelar pendidikan. Penulisan gelar belakang terutama pada ijazah biasanya dipisahkan, kecuali memang pemegang gelar sudah mendapatkannya terlebih dulu.


Perbedaan Gelar Depan dan Belakang


Setelah mengenal masing-masing ciri khas gelar depan dan belakang, kini saatnya untuk mengenal perbedaan keduanya. Terdapat sedikitnya 3 perbedaan yang bisa diidentifikasi pada gelar ijazah. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Letak Gelar


Hal pertama yang bisa jadi pembeda yakni letak penyematan gelar. Sesuai namanya gelar depan akan didapatkan di depan inisial nama. Sebaliknya untuk gelar belakang disematkan di bagian belakang inisial.Perbedaan letak ini bisa ditakar dan menjadi perbedaan paling menonjol. Untuk gelar tertentu seperti haji, hajah, doktoral atau dokter yang sudah didapatkan sebelumnya, bisa langsung disematkan pada penulisan nama di ijazah.

2. Gelar Depan Ijazah Hanya Beberapa


Perlu diketahui hanya ada beberapa gelar saja yang biasanya disematkan di bagian depan nama. Ini digunakan sebagai eksklusifitas penggunaan gelar di mana tidak semua orang bisa mendapatkan gelar ini.

Beberapa di antaranya yakni gelar haji untuk perempuan dan laki-laki, gelar profesi dan pendidikan dokter, gelar S3 atau doktoral akan suatu major pendidikan. Tentunya gelar ini tidak bisa didapatkan oleh sembarang orang.

3. Strata Gelar


Bila diperhatikan semakin tinggi gelar, maka letaknya akan diubah menjadi di bagian depan nama. Sama halnya dengan gelar pendidikan doktoral atau S3. Sebaliknya untuk gelar S1 (sarjana) atau S2 (magister) diletakkan di belakang nama seseorang. Sisanya untuk gelar tertentu seperti haji atau gelar mutlak yang digunakan sebagai profesi diletakkan di depan nama seseorang.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)