Bagaimana Cara Penulisan Gelar D4 yang Benar? Simak Penjelasannya

Selasa, 15 Agustus 2023 - 10:07 WIB
loading...
Bagaimana Cara Penulisan Gelar D4 yang Benar? Simak Penjelasannya
Menuliskan gelar D4 agar tidak salah perlu diperhatikan calon mahasiswa yang berminat mendaftar pendidikan vokasi jenjang diploma. Foto/ruangguru
A A A
JAKARTA - Bagaimana penulisan gelar D4 yang benar? Pertanyaan yang terkesan sepele itu penting dilontarkan kepada calon mahasiswa yang berminat mendaftar pendidikan vokasi jenjang Diploma. Sistem pendidikan vokasi saat ini memang menjadi salah satu pendidikan yang diminati lulusan SMA/SMK. Salah satu keunggulan vokasi adalah memiliki durasi belajar lebih singkat mulai satu sampai empat tahun.

Meskipun demikian, program diploma satu dan diploma dua dianggap kurang relevan dengan perkembangan zaman modern ini. Sebagian orang lebih memilih melanjutkan pendidikan D3 atau D4 yang setara dengan S1. Nah, sudahkah kamu tahu cara penulisan gelar D4 yang benar? Untuk mengetahuinya, simak pemaparan berikut ini.

Cara Penulisan Gelar D4 yang Benar

1. Penulisan gelar di belakang nama


Seorang lulusan D4 atau dikenal pula dengan sebutan Sarjana Sains Terapan mendapatkan gelar S.Tr. di belakang nama orang terkait. Penulisan gelarnya pun harus nama dulu, jarak spasi kemudian gelar terkait, misalnya Agus Hariyanto, S. Tr.Ak. atau Sarjana Terapan Akuntansi.


2. Contoh gelar D4 di Indonesia

 Sarjana Terapan Pekerjaan Sosial (S.Tr.Sos)
 Sarjana Terapan Keperawatan (S.Tr.Kep)
 Sarjana Terapan Kebidanan (S.Tr.Keb)
 Sarjana Terapan Teknik (S.Tr.T)
 Sarjana Terapan Gizi (S.Tr.Gz)
 Sarjana Sains Terapan Pemerintahan (S.STP)
 Sarjana Terapan Matematika dan Ilmu Alam (S.Tr.Si)
 Sarjana Terapan Kepolisian (S.Tr.K)
 Sarjana Terapan Statistika (S.Tr.Stat)
 Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan (S.Tr.RMIK)

3. Penulisan gelar ganda

Bila seseorang memiliki gelar ganda sebab menempuh dua jurusan pendidikan yang berbeda, maka Kamu juga harus tahu penulisan gelar yang benar. Namun, jurusan pendidikan yang linear hanya akan ditulis gelar pendidikan yang lebih tinggi.

Penulisan gelar ganda harus ditulis nama lebih dulu, gelar pertama, beri jarak spasi, gelar kedua, dan seterusnya. Bila ada penambahan gelar pada awal sebelum nama terkait gelar medis atau kehormatan, misalnya dr, DR, Prof., dan lain-lain.

Contoh seseorang memiliki gelar D4 jurusan Akuntansi, kemudian melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 jurusan Manajemen, maka berikut penulisan gelarnya yang benar. Misalnya Agus Hariyanto, S.Tr.Ak, M.B.A. yang memiliki gelar Sarjana Sains Terapan Akuntansi dan Magister Manajemen.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4047 seconds (0.1#10.140)