10 Ilmuwan Indonesia yang Temuannya Mendunia, Teori Habibie hingga Cakar Ayam RM Sedyatmo

Senin, 25 September 2023 - 13:38 WIB
loading...
10 Ilmuwan Indonesia yang Temuannya Mendunia, Teori Habibie hingga Cakar Ayam RM Sedyatmo
Di bidang teknologi pesawat terbang, BJ Habibie dikenal sebagai Mr Crack karena keahliannya menghitung crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 ilmuwan Indonesia yang penemuannya diakui dunia. Bumi Indonesia banyak melahirkan ilmuwan-ilmuwan hebat yang diakui secara internasional. Buah pemikiran ilmuwan Tanah Air ini terbukti membawa manfaat bagi kemajuan teknologi hingga kehidupan masyarakat.

Lantas, siapa saja ilmuwan Indonesia dengan penemuan yang mendunia? Artikel kali ini akan membahasnya secara tuntas siapa saja ilmuwan Indonesia dengan penemuan yang mendunia tersebut, simak ya!

10 Ilmuwan Indonesia yang Penemuannya Mendunia

1. BJ Habibie


Penemuan (Teori, faktor dan metode Habibie, teknologi di bidang pesawat terbang)

Di bidang teknologi pesawat terbang, Habibie dikenal sebagai “Mr Crack” karena keahliannya menghitung crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang. Di dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, para ahli dirgantara mengenal apa yang disebut Teori Habibie, Faktor Habibie, Fungsi Habibie.

2. RM Sedyatmo


Penemuan (Arsitektur Cakar Ayam)

RM Sedyatmo adalah tokoh insinyur sipil Indonesia lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1934. Cendekiawan ini merupakan penemu sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal sebagai fondasi cakar ayam. Adapun salah satu tempat yang menggunakan fondasi cakar ayam, yakni landasan pacu pelabuhan udara Soekarno-Hatta.


3. Profesor Mezak Arnold Ratag


Penemuan (Planetary Nebula Cluster)

Astronom lulusan ITB Bandung ini namanya telah diabadikan di 120 Planetary Nebula Cluster, termasuk Ratag-Ziljstra-Pottasch- Menzies dan Ratag-Pottasch cluster, yang ditemukannya.

4. Josaphat TS Sumantyo


Penemua (Radar 3 dimensi (3D)

Totalitas dan dedikasinya di bidang antena, sensor, dan radar, membuat Josh meraih berbagai penghargaan dari Chiba University, antara lain Nanohana Venture Competition Award, Nanohana Competition Award hingga Chiba University President Award.

5. Johny Setiawan


Penemuan (Planet baru HIP 13044b)

Johny Setiawan merupakan lulusan doktor termuda di Albert-Ludwigs Universitas, Greiburg, Jerman. Dia adalah satu-satunya ilmuwan non Jerman yang menjadi Ketua Tim Proyek Max Planck Institute for Astronomy, di Heidelberg, Baden-Wurttemberg, Jerman sejak 2003. Dia telah banyak menemukan planet, mulai dari planet bernama HD 47536 b, HD 11977 b, HD 47536 c, HD 70573 b, HD 110014 b, hingga TW Hydrae b.

6. Warsito


Penemuan (Alat pemindai (ECVT) 4 dimensi (4D)

Warsito adalah seorang penemu yang mengembangkan teknologi pemindai atau Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT) 4 dimensi pertama di dunia. Ilmuwan muslim dari Indonesia ini juga sebagai pemilik paten ECVT yang didaftarkan di dokumen paten Amerika Serikat (AS).

7. Eniya Listiani Dewi

Penemuan (Membran sel bahan bakar)

Eniya Listiani Dewi, seorang peneliti madya pada Pusat Teknologi Material, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Doctor of Engineering lulusan dari Waseda University Tokyo Jepang ini memilih bidang Kimia Terapan, dan mendalami studi tentang polimer serta katalis untuk fuel cell.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3983 seconds (0.1#10.140)