10 Ilmuwan Indonesia yang Temuannya Mendunia, Teori Habibie hingga Cakar Ayam RM Sedyatmo

Senin, 25 September 2023 - 13:38 WIB
loading...
A A A


Pada 2003, dia mendapat penghargaan Mizuno Award, dan Koukenkai Award dari universitasnya berkat temuan katalis fuel cell baru yang menggunakan unsur Vanadium.

8. Khoirul Anwar


Penemuan (Sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (orthogonal frequency division multiplexing)

Profesor Khoirul Anwar pemilik paten di Jepang atas sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM yang kini bekerja di Nara Institute of Science and Technology. Dia mengurangi daya transmisi pada orthogonal frequency division multiplexing.

9. Yogi Ahmad Erlangga


Penemuan (Rumus matematika berdasarkan persamaan Herlmholtz guna pencarian sumber minyak bumi)

Yogi Ahmad Erlangga seorang ilmuwan muda Indonesia meraih gelar doktor dari Universitas Teknologi Delft, Belanda pada usia yang terbilang muda, 31 tahun. Di negeri Kincir Angin, dia dinobatkan sebagai doktor matematika terapan. Rumus matematikanya melambungkan nama Yogi di perusahaan minyak raksasa dunia. Rumus matematika yang dikembangkannya membuat ribuan insinyur minyak bisa bekerja lebih cepat dengan akurasi tinggi.

10. Tjokorda Raka Sukawati

Penemuan (Konstruksi Sosrobahu atau landasan putar bebas hambatan (LPBH)

Tjokorda Raka Sukawati merupakan insinyur Indonesia yang turut berkontribusi dalam perkembangan konstruksi dunia. Tjokorda berhasil menemukan konstruksi Sosrobahu atau landasan putar bebas hambatan (LPBH). Konstruksi Sosrobahu sendiri adalah sebuah sistem yang dapat memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas. Temuan ini pun telah diaplikasikan oleh engineer Amerika Serikat saat membangun jembatan di Seattle.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3837 seconds (0.1#10.140)