Dari Mana Sumber Dana Hibah Penelitian Dosen? Ini Jawabannya

Rabu, 27 September 2023 - 16:30 WIB
loading...
Dari Mana Sumber Dana Hibah Penelitian Dosen? Ini Jawabannya
Salah satu pembiayaan penelitian dosen yang lazim dilakukan adalah dengan mencari dana hibah penelitian.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini sumber dan tips bagaimana cara mendapatkan dana hibah penelitian dosen .Melaksanakan penelitian menjadi satu di antara beberapa kewajiban seorang dosen selain juga merupaka bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Hanya saja kegiatan penelitian tentu membutuhkan dana tidak sedikit, apalagi penelitian bisa berlangsung bertahun-tahun. Salah satu pembiayaan penelitian yang lazim dilakukan adalah melalui dana hibah penelitian.

Pertanyaannya, dari mana dosen maupun perguruan tinggi bisa mendapatkan dana hibah penelitian dosen? Untuk menjawabnya artikel kali ini akan menjelaskan soal sumber dana hibah penelitian dosen dan tips bagaimana cara mendapatkannya

Ini Sumber Dana Hibah Penelitian Dosen


Penelitian adalah proses yang panjang, bisa jadi karena faktor inilah banyak dosen maupun mahasiswa enggan melakukannya. Selain itu kebutuhan dananya juga besar, belum lagi untuk tenaga dan waktu.

Bicara mengenai dana maka para dosen bisa memanfaatkan berbagai program dana hibah penelitian dosen. Sebab beberapa lembaga dan juga pemerintah melalui pihak-pihak terkait menyediakan bantuan dana untuk mendukung kegiatan penelitian tersebut.

Secara umum, sumber dana untuk hibah penelitian dosen ini ada beberapa yang cukup dikenal luas yaitu:

1. Dana hibah dari Ditlitabmas (Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Ditjen Dikti termasuk juga BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri).

2. Dana penelitian yang disediakan oleh pihak perguruan tinggi (dana internal perguruan tinggi yang bersangkutan).

3. Dana dari hasil kerjasama antara perguruan tinggi dengan industri maupun lembaga milik pemerintah.

Pada dasarnya sumber dana hibah penelitian dosen tidak hanya bisa didapatkan dari lembaga-lembaga nasional. Namun bisa pula dari lembaga maupun perusahaan atau industri internasional yang bisa diajak bekerjasama.

Berhubung proposal pengajuan penelitian di Simlitabmas cukup banyak bahkan sampai puluhan ribu. Maka dilakukan seleksi yang cukup ketat, mengingat anggaran untuk penelitian dosen dari pemerintah cukup terbatas.

Oleh sebab itu penting sekali bagi dosen maupun pihak manapun yang akan mengadakan penelitian untuk mencari pendanaan dari berbagai sumber. Sehingga ketika satu sumber menolak atau mungkin belum jelas akan mendapat dana hibah atau tidak, setidaknya bisa mengandalkan sumber pendanaan lain.


Tips Memperoleh Dana Hibah Penelitian

1. Penelitian Memiliki Tujuan Jelas


Secara umum penelitian yang dilakukan kalangan dosen adalah penelitian dengan tujuan yang jelas. Sehingga hasil penelitian bisa dimanfaatkan oleh banyak pihak, bukan hanya dari pihak dosen dan perguruan tinggi yang menaunginya.

Maka sampaikan usulan pengajuan dana hibah penelitian dosen dengan mencantumkan tujuan yang jelas. Sekaligus sesuai dengan agenda riset nasional untuk memperbesar peluang memenangkan kompetisi mendapatkan dana hibah penelitian tersebut.

2. Sifat Penelitian Adalah Urgent


Tidak cukup jika mengatakan penelitian yang dilakukan sifatnya “baik” atau mungkin “penting”. Dosen yang ingin segera mendapatkan dana hibah penelitian sebaiknya memastikan penelitian tersebut sifatnya “urgent”, sehingga tidak bisa ditunda.

3. Memiliki Manfaat Besar

Penelitian yang dilakukan sebaiknya memberikan manfaat yang sangat besar di berbagai bidang. Langkah ini bisa membantu memperbesar peluang untuk segera mendapatkan dana hibah penelitian dosen.

Yaitu bermanfaat untuk perkembangan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi), bermanfaat untuk pembangunan, dan juga memberi manfaat besar di masa mendatang.

Semakin banyak manfaatnya semakin penting penelitian ini untuk segera dilaksanakan, maka kucuran dana bantuan pun akan lebih cepat mengalir.

4. Didukung Literatur yang Relevan

Penelitian yang dilakukan sebaiknya juga memiliki literatur yang relevan. Tidak masalah jika mengambil literatur dari penelitian serupa yang lebih dulu dilakukan. Sehingga nantinya bisa menyampaikan ada perbaikan dari penelitian tersebut, yang praktis sifat penelitian ini menjadiurgent.

5. Memaparkan Keunggulan Penelitian yang Dilakukan


Tips berikutnya adalah memaparkan bahwa penelitian yang dilakukan memiliki sejumlah keunggulan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)