Hari Kesaktian Pancasila, Mendikbudristek Imbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Jum'at, 29 September 2023 - 16:35 WIB
loading...
Hari Kesaktian Pancasila, Mendikbudristek Imbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang
Penyelenggaraan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 jatuh pada Minggu, 1 Oktober 2023. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengeluarkan surat edaran penyelenggaraan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023. Pengibaran bendera setengah tiang diimbau dilakukan pada 30 September 2023.

Hal ini tertuang dalam Pedoman No 31328/MPK.F/TU.02.03/2023 yang ditandatangani Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dan ditujukan kepada pimpinan lembaga negara, menteri kabinet Indonesia Maju, hingga Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia.

Dalam pedoman tersebut penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023 mengambil tema Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.

Baca juga: Kemendikbudristek Buka Lowongan 16 Ribu Dosen CPNS, Ini Daftar Kampus Selengkapnya

Penyelenggaraan upacara di tingkat pusat dilakukan di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur pada Minggu 1 Oktober 2023 pukul 8.00 WIB sampai dengan selesai.

Kepala Daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), kantor/lembaga yang ada di daerah menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara luring penuh dari kantor masing-masing.

PengibaranBendera Setengah Tiang

Selain itu, Mendikbudristek dalam pedoman tersebut juga mengimbau untuk megibarkan bendera setengah tiang pada Sabtu, 30 September 2023 sebagai bagian untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Baca juga: 10 Program Studi Terpopuler di SNBT 2023, Bidang Kedokteran Mendominasi

Imbauan pengibaran bendera setengah tiang ini ditujukan kepada setiap kantor instansi pusat dan daerah, juga kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, sekolah, serta kompon masyarakat.

Sementara pada 1 Oktober 2023 pukul 6.00 waktu setempat, Mendikbudristek mengimbau untuk dilakukan pengibaran bendera satu tiang penuh. Selain itu masyarakat juga dapat mendengarkan pidato Nadiem pada YouTube Kemendikbudristek RI.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2874 seconds (0.1#10.140)