7 Universitas dengan Jurusan Ilmu Hukum yang Alumninya Banyak Bekerja di Instansi Pemerintah

Senin, 02 Oktober 2023 - 11:17 WIB
loading...
7 Universitas dengan Jurusan Ilmu Hukum yang Alumninya Banyak Bekerja di Instansi Pemerintah
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjadi salah satu universitas dengan jurusan Ilmu Hukum yang alumnya banyak bekerja di pemerintahan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 7 universitas yang alumninya banyak bekerja di instansi pemerintahan.Berkarier sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) dan PNS (Pegawai Negeri Sipil) masih menjadi impian banyak orang di Indonesia. Dan salah satu jurusan kuliah yang lulusannya banyak bekerja di instansi pemerintahan adalah jurusan Ilmu Hukum.

Para lulusan ilmu hukum seringkali berkarier di berbagai instansi pemerintah, mulai dari lembaga legislatif, eksekutif, hingga yudikatif. Dirangkum dari berbagai sumber, hingga saat ini setidaknya ada 7 universitas dengan jurusan Ilmu Hukum yang alumninya banyak berkarier di lembaga pemerintahan.

Data universitas yang ditampilkan merujuk dari hasil wawancara, linkedln, Quora, X (untuk skor SNBT), dan LMPT SNPMB. Artikel kali ini akan membahas daftarnya secara tuntas, simak ya!

7 Universitas dengan Jurusan Ilmu Hukum yang Alumninya Banyak Bekerja di Pemerintahan


1. Universitas Indonesia (UI)


Universitas Indonesia telah lama menjadi magnet bagi calon-calon mahasiswa hukum di seluruh Indonesia. Banyak alumni UI yang berhasil memasuki berbagai instansi pemerintah, termasuk Kementerian Hukum dan HAM, Komisi Yudisial, serta lembaga-lembaga terkait hukum.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)


UGM adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan telah menghasilkan banyak lulusan hukum yang sukses di berbagai instansi pemerintah, termasuk di Kementerian Hukum dan HAM, maupun di Komisi Yudisial.

3. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Unpad memiliki program hukum yang terkenal dan telah melahirkan banyak profesional hukum yang bekerja di berbagai instansi pemerintah.


4. Universitas Diponegoro (Undip)


Undip memiliki fakultas hukum yang terkemuka, dan banyak alumni dari universitas ini berhasil meniti karier di berbagai instansi pemerintah, terutama di bidang hukum.

5. Universitas Brawijaya (UB)


UB adalah universitas yang terus berkembang dan memiliki fakultas hukum yang menghasilkan banyak lulusan yang bekerja di instansi pemerintah, terutama di wilayah Jawa Timur.

6. Universitas Airlangga (Unair)


Unair telah menghasilkan banyak lulusan hukum yang sukses di berbagai instansi pemerintah, termasuk di Kementerian Hukum dan HAM, maupun di lembaga-lembaga terkait hukum lainnya.

7. Universitas Sebelas Maret (UNS)


UNS di kota Solo telah menghasilkan banyak lulusan hukum yang berhasil bekerja di berbagai instansi pemerintah, baik di tingkat lokal maupun nasional.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2367 seconds (0.1#10.140)