Pertama Berpartisipasi, Tim Biantara Unsoed Sabet Juara 3 Kontes Robot Terbang Indonesia

Selasa, 03 Oktober 2023 - 14:39 WIB
loading...
Pertama Berpartisipasi, Tim Biantara Unsoed Sabet Juara 3 Kontes Robot Terbang Indonesia
Tim Biantara Unsoed Purwokerto meraih juara 3 Kontes Robot Terbang Indonesia Divisi Racing Plane di Institut Teknologi Sumatera pada 22 September hingga 27 September 2023. Foto/laman Unsoed
A A A
PURWOKERTO - Debut Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto di ajang kontes Robot Terbang berakhir manis. Meski baru kali pertama ikut serta, tim Biantara Unsoed berhasil meraih juara 3 Kontes Robot Terbang Indonesia Divisi Racing Plane di Institut Teknologi Sumatera pada 22 September hingga 27 September 2023.

Prestasi ini sangat membanggakan karena tim ini baru pertama kali mengikuti kompetisi tersebut setelah melakukan riset selama 3 tahun. Tim yang diketuai oleh Aditya Saputra (Mahasiswa Teknik Elektro 2021) ini beranggotakan 11 orang, yakni Yeremia Bagas Kristianto P, Nur Tsani Achmad Wildan Muzaki, Fillipus Aditya Nugroho, Daud Angrah Rimu, Riyananda Tri Putra, Adyuta Nayottama Rakha W., Arla Putra Fiqhi Hidayat, Steve Vincent Theodore S., Akha Faza Saputra, dan Kevin Jonathan

Aditya Saputra mengakui partisipasi tim Biantara Unsoed dalam kompetisi ini diawali dengan persiapan yang matang dan intensif selama 3 tahun. Tim melakukan penelitian dan pengembangan robot terbang dengan tujuan untuk mencapai performa terbaik.

“Hal ini menjadi penting mengingat persaingan yang sengit dari tim-tim lain yang sudah berpengalaman dalam ajang tersebut,” ungkapnya seperti dikutip laman resmi Unsoed, Selasa (10/3/2023).



Pada hari-H kompetisi, robot terbang tim Biantara Unsoed yang didesain dan programkan berhasil melewati tantangan demi tantangan dengan baik. Meskipun pesawat yang dimiliki sempat crash, namun untungnya masih ada cadangan pesawat yang dibawa. Keberhasilan tim Biantara Unsoed menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas robot terbang mereka di masa depan.

“Kompetisi ini juga menjadi ajang untuk bertemu dan berinteraksi dengan tim-tim lain yang berpengalaman dalam bidang serupa. Tim Biantara Unsoed dapat belajar banyak dari pengalaman dan pengetahuan yang dipertukarkan selama kompetisi. Hal ini akan menjadi modal berharga bagi perkembangan mereka di masa yang akan datang,” pungkasnya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2878 seconds (0.1#10.140)