UI Perkuat Global Engagement dengan Universitas Terbaik di Australia

Selasa, 03 Oktober 2023 - 17:23 WIB
loading...
UI Perkuat Global Engagement dengan Universitas Terbaik di Australia
Delegasi Universitas Indonesia (UI) melakukan kunjungan ke sejumlah mitra perguruan tinggi di Australia untuk memperkuat global engagement. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) terus mengukuhkan kolaborasinya dengan universitas-universitas ternama di seluruh dunia. Sejumlah mitra perguruan tinggi di Australia pun disambangi guna memperkuat kolaborasi ini.

Kunjungan ke Australia pada Senin (2/10/2023) ini diwakili oleh Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, didampingi oleh Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. Heri Hermansyah, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Dr. dr. Nia Ayu Ismaniati Suria, MDSc, Sp.Ort(K), dan Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Arief Wibisono Lubis.

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara UI dan institusi-institusi terkemuka di Australia, serta untuk menjajaki potensi kerja sama yang lebih lanjut dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, penelitian, dan pendidikan.

Baca juga: Riwayat Pendidikan Gibran Rakabuming Raka, Belajar di Luar Negeri dari SMA hingga Kuliah

Dalam kunjungan tersebut, delegasi UI mengadakan pertemuan bersama pimpinan beberapa universitas bergengsi seperti Monash University, Tasmania University, dan the University of Melbourne.

Prof. Abdul Haris bersama tim berdiskusi tentang berbagai inisiatif untuk memperluas kolaborasi yang diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi kedua belah pihak. Topik-topik utama pembicaraan mencakup pertukaran mahasiswa dan peneliti, penelitian bersama, program gelar ganda, dan pengembangan kurikulum bersama.

Baca juga: Bisa Belajar di UI Sebelum Lulus SMA, Ini Tata Cara Pendaftaran Program Pre-University

Tim dari UI juga berdiskusi dengan perwakilan lembaga konsultasi dan pemeringkatan pendidikan tinggi global Times Higher Education (THE) di Regional Australia dan Asia Pasifik. Diskusi yang sangat informatif dan konstruktif ini membahas berbagai aspek penilaian universitas, serta menyampaikan upaya dan strategi UI untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di tingkat internasional.

"Kunjungan ini merupakan langkah penting dalam memperkuat jejaring global Universitas Indonesia. Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan mitra-mitra kami di Australia dalam rangka menciptakan inovasi, memajukan ilmu pengetahuan, dan memberikan pengalaman pendidikan yang berkualitas bagi mahasiswa," ujar Prof. Haris, melalui keterangan resmi, Selasa (3/10/2023).

Kunjungan ini juga merupakan bagian dari upaya UI mewujudkan visi sebagai pusat unggulan riset dan pendidikan tinggi di tingkat internasional, serta untuk memperluas akses mahasiswa dan staf akademik UI ke berbagai peluang internasional yang lebih luas.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)