Membangun Karakter Siswa dengan Metode Mindfulness

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 18:42 WIB
loading...
Membangun Karakter Siswa dengan Metode Mindfulness
Perayaan HUT ke-21 Sekolah Global Sevilla mengadakan kegiatan mindfulness yang diikuti serempak 1.000-an siswa dari tingkat TK sampai dengan SMA. Foto/Global Sevilla.
A A A
JAKARTA - Sekolah tidak hanya berfungsi mencetak siswa dengan keunggulan akademis namun juga pengembangan karakter yang kuat. Melalui mindfulness , pengembangan karakter yang baik pun bisa diajarkan sejak usia dini.

Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk hadir sepenuhnya, menyadari di mana kita berada dan apa yang kita lakukan, dan tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitar kita.

Untuk merayakan HUT ke-21 Sekolah Global Sevilla mengadakan kegiatan mindfulness yang diikuti serempak 1.000-an siswa dari tingkat TK sampai dengan SMA baik di Sekolah Global Sevilla Puri Indah dan Pulo Mas – Jakarta.

Mindfulness yang dilakukan pun beragam mulai dari mindful listening, mindful yoga, mindful walking, mindful colouring, mindful eating dan masih banyak lagi. Keseluruhannya dilakukan secara mindful atau berkesadaran.

Baca juga: Tempe Himetan, Inovasi Mahasiswa FKK UMJ Bagi Penderita Diabetes Melitus

Mindfulness atau hidup berkesadaran merupakan metode yang dipergunakan oleh Global Sevilla School untuk membangun karakter siswa.

Kepala Sekolah Global Sevilla Purborini Sulistiyo menjelaskan, sekolahnya memang mengajarkan mindfulness kepada siswa sejak TK dan banyak orang tua yang mengaku anaknya lebih tenang dan fokus belajar.

"Impactnya banyak orang tua yang mengatakan anak-anaknya lebih bijaksana dan tenang. Bahkan mereka bilang, ketika orang tua ingin marah-marah justru ditenangkan oleh anaknya," katanya, dalam keterangan resmi, Jumat (6/10/2023).

Walaupun pada awalnya tidak mudah memperkenalkan mindfulness di sekolahnya,
namun setelah beberapa tahun penerapan, mulai nampak hasilnya, misalnya prestasi siswa yang meningkat dan juga karakter siswa yang saleh dan bisa saling menghargai ciptaan Tuhan.

Baca juga: Konferensi Internasional UI Bahas Pentingnya Hubungan Manusia dan Alam
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4148 seconds (0.1#10.140)