Khakam Ma’ruf, Sosok Inspiratif Alumni UNY yang Kantongi 170 Penghargaan

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 09:52 WIB
loading...
A A A
Pengalaman keduanya, ia kembali sukses mendapat juara untuk lomba karya tulis ilmiah di Universitas Sumatera Utara. Khakam juga lolos dua kali pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Kementerian Riset dan Teknologi.



Beberapa kejuaraan lain yang pernah ia perolah yaitu penghargaan karya terbaik Lomba Esai International Youth Summit of Renewable Energy Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) 2021 dengan karya teknologi sistem Energy Hybrid. Kejuaraan tingkat internasional International Paper Competition juga dijajalnya sampai memperoleh Gold Medal di bidang teknologi. Pada tahun 2022, Khakam menjadi juara 1 Seleksi Mahasiswa Berprestasi Fakultas Teknik UNY.

Khakam juga memiliki 21 karya penelitian yang diterbitkan oleh 14 jurnal nasional dan 7 jurnal internasional terindex Scopus. Penelitian yang dilakuannya mencakup beragam multidisiplin keilmuan yaitu bidang pendidikan, pertanian, perikanan, mesin, energi, aplikasi, teknologi dan bidang lainnya. Berkat ketekunannya, hak kekayaan intelektual bidang teknologi tepat guna dan aplikasi juga dikantongi Khakam.

Selain meningkatkan prestasi pribadi, Khakam juga menjadi pembimbing lomba karya ilmiah dan beasiswa. Hasil bimbingan Khakam mampu memborong prestasi di berbagai kejuaraan nasional, internasional dan lomba tingkat mahasiswa. Berdasarkan catatan UNY, kurang lebih 80 mahasiswa yang pernah ia bimbing.

Tawaran Kerja Mengalir Sebelum Lulus


Dari pengalaman dan kemampuannya pada bidang penelitian, Khakam mendapat tawaran bekerja di berbagai perusahaan. Tawaran ini bahkan muncul sebelum ia lulus sarjana.

Khakam saat ini berkerja di sejumlah perusahaan. Salah satunya di PT Riset Prestasi Indonesia dengan jabatan Profesional Reseach Mentor dan menjadi Project Manager bidang HKI.

Sampai saat ini Khakam mengaku terus aktif melakukan berbagai penelitian. Bidang penelitian baginya sudah menjadi passion karena ia bisa mencerdaskan orang lain dan bermanfaat dalam perkembangan ilmu pengetahuan, kemajuan teknologi dan sains.

"Saya hanya pemuda dari desa yang punya banyak mimpi, bagi saya saat muda adalah waktu emas untuk memulai masa depan dan masa depan adalah milik mereka yang percaya akan mimpinya" tutup Khakam.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)