Hasil Uji Kompetensi PPG untuk Guru Kemenag Diumumkan, Cek di Link Ini

Minggu, 08 Oktober 2023 - 11:04 WIB
loading...
Hasil Uji Kompetensi PPG untuk Guru Kemenag Diumumkan, Cek di Link Ini
Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Angkatan 1 2023 telah diumumkan Kementerian Agama (Kemenag). Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Angkatan 1 2023 telah diumumkan Kementerian Agama (Kemenag). Dari 16.733 peserta sebanyak 14.143 dinyatakan lulus dan 2.590 tidak lulus.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag M Ali Ramdhani mengatakan, nilai rata-rata kelulusan nasional UKMPPG Angkatan I Tahun 2023 untuk guru di lingkungan Kemenag ini mencapai 84,5%. Hasil ini naik dibanding rata-rata kelulusan sepanjang Tahun 2022 yang hanya 83,12%.

“Rata-rata kelulusan nasional UKMPPG dalam Jabatan Mapel Agama dan Mapel Umum Angkatan I Tahun 2023 di Kementerian Agama bagi firstaker dan retaker, mencapai 84,5%. Nilai rata-rata kelulusan tersebut meningkat cukup signifikan dibanding Tahun 2022 yang hanya 83,12%,” katanya, dikutip dari laman Kemenag, Minggu (8/10/2023).

Baca juga: Beasiswa Persiapan S2-S3 Luar Negeri Kemenag Dibuka, Ini Infonya

UKMPPG adalah penilaian pemenuhan standar kualifikasi dan kompetensi mahasiswa setelah menjalani program PPG. Program ini juga salah satu langkah guna memastikan agar siswa madrasah/sekolah memperoleh pendidikan terbaik dari para guru yang profesional dan berkompeten.

Dirjen Pendis menjelaskan, pendidik yang memiliki penjiwaan yang kuat terhadap profesinya, mempunyai pengetahuan yang mendalam pada bidang keilmuannya, menguasai keterampilan dalam mendidik, dan berperilaku baik sebagai teladan bagi peserta didiknya.

Direktur Perguruan Tinggi Agama Islam, Ahmad Zainul Hamdi atas capaian LPTK terkait hasil kelulusan UKMPPG Angkatan I Tahun 2023. Menurutnya, LPTK yang capaian kelulusannya naik turun di setiap periode merupakan hal biasa. Hal yang menjadi catatan adalah LPTK yang selalu konsisten mendapatkan tingkat kelulusan yang rendah.

"Kami selaku Ketua Panitia Nasional PPG di Kementerian Agama beserta tim akan senantiasa terus melakukan evaluasi terhadap hasil lulusan PPG Dalam Jabatan yang diselenggarakan oleh masing-masing LPTK, hal ini dalam rangka proses penjaminan mutu terhadap pelaksanaan PPG itu sendiri," ujar pria yang akrab disapa Ahmad Inung ini.

Baca juga: Begini Cara Mendapatkan Surat Pernyataan Diri dan Surat Lamaran CPNS dan PPPK 2023

Secara keseluruhan, Ahmad Inung menilai penyelenggaraan program PPG Dalam Jabatan Angkatan I Tahun 2023 berjalan sangat baik dan memperoleh hasil membanggakan. Penetapan hasil kelulusan ini telah dilakukan melalui beberapa tahapan saintifik, juga didukung beberapa kebijakan strategis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)