Kemendikbudristek Dukung Talenta Industri Esports dan Gim Lokal

Minggu, 08 Oktober 2023 - 16:49 WIB
loading...
Kemendikbudristek Dukung Talenta Industri Esports dan Gim Lokal
Kemendikbudristek, KSP, dan KINCIR menyelenggarakan Esports Next serta kunjungan kinetik ke SMKN 1 Ciomas Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek mendukung lahirnya talenta-talenta industri esports dan gim lokal di Indonesia. Tak hanya menggelar kegiatan namun sejumlah SMK pun disiapkan untuk program unggulan terkait dengan potensi industri eports.

Salah satu kegiatan yang digelar adalah Esports Next yang diselenggarakan Kemendikbudristek bekerja sama dengan Kantor Staf Presiden (KSP) dan KINCIR.

Esports Next dan kunjungan kinetik ke SMKN 1 Ciomas menjadi bagian dari rangkaian kejuaraan olahraga elektronik Piala Presiden Esports 2023 yang akan digelar pada 21—22 Oktober 2023 mendatang.

Esports Next merupakan diskusi antara pelajar dan mahasiswa dengan pelaku industri perfilman dan esports. Tujuannya adalah untuk menginspirasi generasi muda, memicu inovasi dalam pembelajaran, dan membangun jembatan yang kuat antara dunia pendidikan dan industri kreatif yang terus berkembang.

Baca juga: Diikuti 12.823 MI, AKMI 2023 Bertujuan Mendiagnosis Kemampuan Literasi Siswa Madrasah

Pemilihan SMKN 1 Ciomas karena sekolah ini merupakan salah satu SMK pelaksana program SMK Pusat Keunggulan bidang animasi yang memiliki beberapa program unggulan yang terikat dengan potensi industri esports, seperti program keahlian animasi, produksi dan siaran program televisi, serta pengembangan perangkat lunak dan gim.

Direktur SMK, Kemendikbudristek, Wardani Sugiyanto, mengapresiasi penyelenggaraan Esports Next di SMKN 1 Ciomas. Menurut Wardani, esports tak hanya menjadi olahraga kreasi, tetapi juga industri yang sangat potensial.

Selain SMKN 1 Ciomas, lanjut Wardani, Kemendikbudristek memiliki SMK-SMK dengan kompetensi yang erat dengan industri esports dan memiliki potensi untuk mengembangkan gim-gim dengan kearifan lokal.

“Kami di Kemendikbudristek sangat mendukung dan semoga dengan agenda ini akan semakin menggelorakan esports dan potensinya,” melalui siaran pers, Minggu (8/10/2023).

Menurut Wardani, Kemendikbudristek memang tidak memberikan bantuan khusus untuk pengembangan esport, akan tetapi bantuan yang diberikan berdasarkan pada kompetensi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7605 seconds (0.1#10.140)