6 Universitas Terbaik di Palestina, No 1 Masuk Peringkat 1000 Dunia THE WUR 2024

Selasa, 10 Oktober 2023 - 10:55 WIB
loading...
6 Universitas Terbaik di Palestina, No 1 Masuk Peringkat 1000 Dunia THE WUR 2024
6 universitas terbaik di Palestina berdasarkan peringkat THE WUR 2024. Duduk di peringkat pertama adalah An-Najah National University. Foto/An-Najah.
A A A
JAKARTA - Konflik Palestina dan Israel memanas seiring dengan serangan kilat dan spektakuler Hamas yang berhasil menerobos masuk perbatasan Palestina dan Israel. Meski Palestina adalah negara di tengah konflik tak kunjung usai namun 6 universitasnya berhasil masuk daftar universitas terbaik di THE WUR 2024.

Meskipun Palestina hidup di bawah penjajahan Israel, blokade, dan juga pengusiran bertahun-tahun namun tak membuat dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi di Negeri Para Nabi ini tertinggal.

Bahkan pendidikan tinggi di Palestina menunjukkan capaian dan kemajuan di tingkat dunia internasional. Hal ini bisa dilihat pada pemeringkatan dunia Times Higer Education World University Rankings (THE WUR) 2024.

Dari enam perguruan tinggi di Palestina yang ada di daftar THE WUR 2024 rilis 27 Juni 2023 lalu, hanya ada satu universitas yang masuk peringkat dunia dan lima sisa masih berstatus Reporter yang artinya datanya masuk di THE namun belum dapat memenuhi kriteria kelayakan untuk menerima peringkat, dan setuju ditampilkan sebagai reporter di tabel akhir.

Baca juga: 12 Jurusan Sepi Peminat di ITS, Perbesar Potensi Lolos di 2024

6 Universitas Terbaik di Palestina

1. An-Najah National University (1001-1200 dunia)


Sebagai universitas terbesar – tertua di Palestina dengan sejarah lebih dari 100 tahun, An-Najah National University didirikan pada 1918 dengan nama Sekolah An-Najah Nabulsi. Pada 1977, An-Najah berkembang menjadi universitas penuh, An-Najah National University dengan Fakultas Humaniora dan Fakultas Sains.

An-Najah National University adalah universitas komunitarian publik dan nirlaba yang komprehensif dan dipandu oleh etika, agama, dan prinsip.

An-Najah National University mempunyai lima kampus di Palestina yaitu Kampus Baru, Kampus Lama, Sekolah Tinggi Teknologi Hisham Hijjawi, Kampus Kadoorie di Tulkarm, yang menawarkan program pertanian dan kedokteran hewan, dan Rumah Sakit Universitas Nasional An-Najah, sebuah institusi medis nirlaba.

Ini adalah rumah sakit pendidikan di Palestina satu-satunya yang menyediakan pendidikan dan pelatihan klinis bagi para profesional kesehatan di masa depan dan saat ini. Di sisi akademik, universitas memiliki 4 perpustakaan, yang menampung lebih dari 600.000 buku secara total. Ada juga museum seni, ilmiah, dan budaya terkenal.

Saat ini, An-Najah National University menawarkan lebih dari 128 program sarjana, 78 program magister dan 13 program doktoral di 12 fakultas: Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Teknik dan Teknologi Informasi, Sains, Pertanian dan Kedokteran Hewan, Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Ekonomi dan Ilmu Sosial , Fakultas Humaniora, Syariah (Hukum Islam), Seni Rupa, Hukum dan Pascasarjana.

Ia juga menawarkan 6 program gelar diploma, dan lebih dari 12 program sertifikat profesional, selain program pendidikan teknis dan berkelanjutan. Universitas juga telah memelopori beberapa program akademik inovatif, yang meliputi pertukaran pelajar, magang kewirausahaan, serta program gelar ganda dan gabungan dengan beberapa universitas terbaik dunia.

2. Al-Quds University (Reporter)

Resmi didirikan pada tahun 1995, Universitas Al-Quds adalah universitas Palestina pertama dan satu-satunya di Yerusalem. Akarnya dapat ditelusuri kembali ke tahun 1984 ketika beberapa perguruan tinggi di wilayah Yerusalem bergabung menjadi satu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2679 seconds (0.1#10.140)