Disdikbud NTB Gandeng Kemenkominfo Beri Edukasi Generasi Muda di Ranah Digital

Rabu, 11 Oktober 2023 - 12:30 WIB
loading...
A A A
Menurut Mia, pengguna digital perlu menjaga rekam jejak digital selalu positif, lantaran hal itu akan mempengaruhi masa depan pemiliknya. Ia mencontohkan, dalam dunia kerja terdapat beberapa parameter yang bisa dipakai untuk melihat calon karyawan melalui media sosialnya.

”Biasanya mereka akan memeriksa, misalnya kalimat yang sering diunggah, foto-foto, interaksi yang dilakukan, serta lingkaran pertemanan calon karyawan. Pastikan rekam jejak kita baik,” ujarnya.

Nara sumber lain musisi Inta Oceannia berpesan agar siswa hendaknya selalu menjaga keamanan digital ketika beraktivitas melalui media digital. Layaknya dunia nyata, di dunia maya juga memiliki ancaman seperti perundungan, ujaran kebencian, pengancaman, bahkan penipuan online.

”Tindakan pencegahan agar aman di dunia digital, di antaranya batasi informasi, selektif, jangan klik link yang mencurigakan, sikap waspada, jangan sembarang mengakses wifi, logout setelah setiap sesi online, buat password yang kuat (ubah secara rutin),” ujarnya.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2247 seconds (0.1#10.140)