5 Jurusan Kuliah yang Ditunggu Banyak Lapangan Pekerjaan hingga Tahun 2030

Rabu, 11 Oktober 2023 - 13:29 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Ditunggu Banyak Lapangan Pekerjaan hingga Tahun 2030
Jurusan Teknologi Informasi (TI) adalah salah satu jurusan yang paling diminati di Indonesia. Lulusan jurusan ini diprediksi banyak ditunggu lapangan kerja hingga 2030. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berikut 5 jurusan kuliah yang ditunggu banyak lapangan kerja hingga tahun 2023. Salah satu kunci menentukan masa depan adalah dengan tepat dalam memilih jurusan kuliah. Mengapa demikian? Ya karena pekerjaan di masa depan salah satunya ditentukan dengan kualifikasi seeorang yang didapatnya dari bangku kuliah.

Memilih jurusan kuliahdengan peluang kerja tinggi menjadi penting di era persaingan kerja yang semakin kompetitif. Lulusan perguruan tinggi dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya setelah lulus nanti. Artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 5 jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja tinggi dan dinanti banyak lapangan kerja hingga tahun 2030.

5 Jurusan Kuliah yang Ditunggu Banyak Lapangan Kerja hingga Tahun 2030


1. Jurusan Teknologi Informasi (TI)


Jurusan Teknologi Informasi (TI) adalah salah satu jurusan yang paling diminati di Indonesia. Keberhasilan teknologi yang pesat membutuhkan tenaga ahli yang handal dan terampil di bidang TI. Peluang kerja di bidang TI semakin meningkat di masa depan, terutama dengan adanya tren digitalisasi dan transformasi digital di berbagai sektor.

2. Jurusan Kesehatan


Bidang kesehatan terus berkembang pesat, terutama setelah pandemi Covid-19 yang mengajarkan pentingnya peningkatan tenaga kesehatan di Indonesia. Tidak hanya berkarir di instansi pemerintahan, perusahaan dan instansi kesehatan lainnya juga membutuhkan tenaga medis seperti dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya. Peluang kerja juga terbuka lebar di bidang teknologi kesehatan atau healthtech.


3. Jurusan Pendidikan


Bidang pendidikan juga memiliki peluang kerja yang tinggi. Selain menjadi guru atau dosen, ada peluang kerja di bidang pengembangan kurikulum, pengembangan software pendidikan, dan menjadi konsultan pendidikan.

4. Jurusan Bisnis dan Manajemen


Jurusan bisnis dan manajemen selalu menjadi favorit, terutama di kalangan pengusaha. Peluang kerja di bidang ini semakin meningkat di masa depan, terutama di bidang manajemen bisnis digital, pemasaran digital, dan sebagai konsultan bisnis.

5. Jurusan Teknik


Bidang teknik memiliki peluang kerja yang tinggi. Di masa depan, peluang kerja di bidang teknik semakin meningkat, terutama di bidang teknologi hijau, teknologi automotif, dan teknologi energi terbarukan. Dari kelima jurusan di atas, peluang kerja di bidang TI dan kesehatan diprediksi akan semakin meningkat di masa depan karena kebutuhan akan tenaga ahli di bidang tersebut semakin besar.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)