Apakah Asal Perguruan Tinggi Memengaruhi Jenjang Karier Seseorang? Begini Penjelasannya

Senin, 16 Oktober 2023 - 11:27 WIB
loading...
Apakah Asal Perguruan Tinggi Memengaruhi Jenjang Karier Seseorang? Begini Penjelasannya
Asal kampus seseorang memang bisa mempengaruhi karier tetapi hal itu bukan utama di dunia kerja. Dalam dunia kerja yang utama adalah kualitas dan talenta seseorang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Apakah asal perguruan tinggi seseorang memengaruhi jenjang kariernya nanti? Pertanyaan itu biasa menggemuka di tengah pendapat umum di masyarakat bahwa lulusan perguruan tinggi berkualitas disebut-sebut memiliki masa depan karier lebih baik dibanding lulusan perguruan tinggi berlevel biasa-biasa saja. Benarkah demikian?

Salah satu tujuan seseorang belajar di perguruan tinggi selain untuk memperoleh ilmu pengetahuan adalah mengasah minat bakat dan kualitas diri. Selain itu, kamu juga bisa mengasah skill melalui berbagai kegiatan dan fasilitas yang diadakan pihak kampus.

Harapannya nanti ketika sudah lulus bisa mendapat pekerjaan yang bagus dengan kesempatan jenjang karier yang terbuka lebar. Oleh karena itu, banyak yang berlomba – lomba untuk bisa masuk ke perguruan tinggi ternama untuk memperoleh karier yang bagus. Benarkah pendapat itu? Artikel kali ini akan memberi penjelasannya, simak ya!

Faktor Asal Kampus Sangat Memengaruhi Karier Seseorang?


Berdasarkan beberapa pendapat dan literatur, bisa disimpulkan bahwa antara asal kampus seseorang dengan jenjang kariernya nanti tidak selalu berpengaruh. Kenapa begitu? Perlu diketahui jika beberapa kelebihan memang bisa didapatkan apabila berkuliah di universitas ternama.

Misalnya saja pengajar, koneksi, alumni, dan cara pandang masyarakat. Selain itu, ketika melamar di sebuah perusahaan mungkin sang perekrut akan memperhatikan asal kampus jika kamu adalah alumni universitas ternama.

Namun, hal itu bukanlah faktor utama yang menjadi penentu jenjang karier. Sebab, masih ada faktor lain yang lebih utama seperti kemampuan diri, pengalaman dalam bekerja, proyek-proyek yang pernah kamu tangani, dan lainnya.

Asal Kampus Penting Tetapi Bukan Hal Utama


Jadi, perlu diingat bahwa dalam dunia kerja yang terpenting adalah kualitas dan talenta yang dimiliki setiap individunya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika bukan berasal dari kampus ternama sebab setiap individu tetap memiliki kesempatan yang sama.

Namun, jika kamu memang berasal dari kampus ternama manfaatkanlah kesempatan selama berkuliah di kampus tersebut untuk terus mengembangkan diri dan meningkatkan skill sehingga kamu bisa semakin membawa nama baik almamater di hadapan rekruiter.


Cara Efektif Meningkatkan Karier


1. Mengorganisir pekerjaan dengan baik

Tips pertama untuk meningkatkan karier adalah dengan menjadi individu yang terorganisir. Selalu buat catatan atau agenda tentang pekerjaan apa saja yang akan kamu lakukan. Dengan begitu seluruh tanggung jawab dan tugas yang kamu miliki akan lebih mudah pengecekannya dan tidak ada yang terlewat.

2. Skill Komunikasi


Salah satu kemampuan penting untuk meningkatkan jenjang karier adalah terus upgrade skill komunikasi. Hal ini menjadi penting sebab tanpa kemampuan komunikasi baik, kamu akan kesulitan megembangkan hubungan profesional dengan rekan kerja, atasan maupun klien. Kamu bisa mengikuti kursus pelatihan komunikasi atau membaca buku komunikasi agar kemampuan kamu terus meningkat.

3. Melanjutkan Pendidikan


Banyak perusahaan yang menjadikan jenjang pendidikan sebagai syarat kenaikan jabatan. Oleh karena itu, segeralah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kamu bisa mulai dengan mencari informasi kampus terbaik yang menyediakan kelas untuk pekerja profesional.

4. Bangun Relasi


Relasi adalah salah satu hal penting dalam dunia kerja. Bangunlah relasi seluas-luasnya di komunitas profesional dengan mendatangi forum atau memanfaatkan media seperti LinkedIn.

5. Pindah Kerja


Apabila kamu merasa bahwa kariermu tidak berkembang di kantor, kamu dapat memutuskan untuk pindah kerja. Namun, kamu harus memikirkan hal ini dengan matang terlebih dahulu dan melakukan persiapan.

Pastikan bahwa sebelum resign kamu sudah memiliki pekerjaan baru dengan posisi yang lebih baik dari kantor lama atau kamu melihat peluang jenjang karier yang bagus di kantor barumu nanti.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8106 seconds (0.1#10.140)