Segini Estimasi Gaji Fresh Graduate Kampus Negeri Favorit UGM, ITB dan UI

Selasa, 17 Oktober 2023 - 10:28 WIB
loading...
Segini Estimasi Gaji Fresh Graduate Kampus Negeri Favorit UGM, ITB dan UI
Gaji fresh graduate dari UGM, ITB dan UI berbeda-beda, tergantung jurusan. Tetapi dari perkiraan, fresh graduate ITB khususnya dari prodi Teknik memiliki gaji paling besar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Segini estimasi gaji fresh graduate UGM, ITB dan UI. Sudah menjadi rahasia umum apabila lulusan kampus ternama selalu menjadi buruan perusahaan besar. Dan biasanya para lulusan kampus favorit itu memilki penghasilan di atas rata-rata.

Banyak orang penasaran dengan gaji atau penghasilan yang akan didapatkan para fresh graduate 3 PTN besar di Indonesia yakni UGM, ITB dan UI. Apakah gaji yang diterima lulusan tiga PTN besar itu sama atau berbeda dengan lulusan kampus biasa pada umumnya.

Selain bisa menjadi informasi penting dalam mencari kerja, perkiraan info gaji yang diterima para fresh graduate kampus bergengsi juga bisa menjadi acuan untuk para calon mahasiswa yang ingin masuk ke kampus tersebut. Dikutip dari Instagram @masukptn artikel kali ini akan mengulas tentang estimasi besarn gaji fresh graduate UGM, ITB dan UI.

Estimasi Gaji Fresh Graduate UGM, ITB dan UI


1. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Hingga saat ini tidak ada informasi akurat tentang besaran gaji fresh graduate UGM yang sudah bekerja selama 5 tahun. Akan tetapi, terdapat data survei alumni yang melibatkan 3.000 fresh graduate dari lulusan tahun 2020. Berdasarkan hasil survei, kisaran gaji yang didapatkan lulusan UGM adalah sekitar Rp5 juta. dimana alumni Fakultas Teknik memiliki rata-rata gaji tertinggi.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Berdasarkan tracer study kepada 1.800 alumni ITB yang telah bekerja selama minimal 5 tahun, rata-rata gaji yang didapatkan fresh graduate atau lulusan ITB tersebut sebesar Rp8,25 juta di tahun 2018.



Kemudian, survei kembali dilakukan pada tahun 2020, dimana gaji mengalami kenaikan menjadi Rp9,35 juta. Diketahui, alumni ITB yang mendapatkan gaji tertinggi adalah lulusan jurusan kuliah Teknik Informatika yang menyentuh angka Rp16 juta.

Selain itu, ada alumni dari tiga jurusan lain di ITB yang mendapat gaji tinggi sebesar Rp10 juta hingga Rp12 juta, yakni jurusan Manajemen, Teknik Perminyakan dan Pertambangan, serta Teknik Elektro.

3.Universitas Indonesia (UI)

Berdasarkan tracer study kepada 1.500 alumni yang telah bekerja selama minimal 5 tahun, terdapat sebanyak 46 persen alumni UI yang mendapatkan gaji sebanyak Rp3 – 6 juta per bulan.
Dengan rincian, sebanyak 25% alumni mendapat gaji Rp6- 9 juta, 15% mendapat gaji kisaran Rp9 – 15 juta dan 6% fresh graduate menerima gaji diatas Rp5 juta.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)