10 Jurusan Saintek dan Soshum Sepi Peminat Tapi Peluang Kerjanya Tinggi

Rabu, 18 Oktober 2023 - 07:04 WIB
loading...
10 Jurusan Saintek dan Soshum Sepi Peminat Tapi Peluang Kerjanya Tinggi
10 jurusan saintek dan soshum ini dinilai sepi peminat padahal peluang kerjanya tinggi. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - 10 jurusan saintek dan soshum ini disebut sepi diminati oleh mahasiswa baru. Padahal jurusan saintek dan jurusan soshum ini memiliki peluang kerja yang tinggi.

Berbicara mengenai jurusan kuliah, masih banyak calon mahasiswa yang menjawab ingin masuk ke jurusan favorit seperti teknik, kedokteran, ataupun ekonomi.

Tingkat persaingan di jurusan-jurusan favorit itu pun sangat ketat karena tidak seimbangnya jumlah pendaftar dengan daya tampung yang terbatas.

Padahal jika berbicara strategi, memilih jurusan yang bukan menjadi favorit bisa dilakukan calon mahasiswa jika ingin tembus perguruan tinggi negeri (PTN).

Baca juga: 10 Jurusan yang Kurang Diminati di Unair, Fisika hanya 62 Peminat

Dikutip dari laman Ruangguru, berikut ini 10 jurusan saintek dan soshum yang sepi peminat namun peluang kerjanya tinggi baik di instansi pemerintah maupun swasta.

10 Jurusan Saintek dan Soshum Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Tinggi

1. Jurusan Kehutanan


Seperti yang kalian ketahui, Indonesia adalah negara tropis dengan hutan yang membentang luas. Maka tak sedikit instansi konservasi hutan yang membutuhkan tenaga dan pengetahuan dari lulusan jurusan Kehutanan untuk mengelola kawasan hutan.

Dengan pengetahuan pengelolaan hingga produktivitas hutan, kalian bisa bekerja di berbagai bidang yang menjanjikan, mulai dari konsultan, peneliti, wirausahawan, atau pegawai di lembaga kehutanan nasional hingga internasional.

2. Jurusan Sastra Jawa


Meski Sastra Jawa memiliki mata kuliah yang sangat luas mulai dari kebudayan, pariwisata, kesenian, hingga kuliner sayangnya, Jurusan kurang diminati dengan alasan tidak memiliki banyak peluang karier untuk masa depan.

Benarkah begitu? Jawabannya, enggak juga ya. Lulusan Sastra Jawa juga bisa memiliki prospek kerja bagus dengan nominal gaji yang menggiurkan.

Kalian bisa menjadi pemandu wisata dan bidang kepariwisataan lainnya karena di Jawa melimpah tempat wisata yang menarik perhatian turis dalam dan luar negeri. Selain itu, juga bisa menjadi seorang penerjemah, penulis, hingga tenaga pendidik.

3. Jurusan Filsafat


Jurusan Filsafat bisa disebut sebagai the mother of sciences. Jurusan ini disebut sepi peminat karena banyak yang menganggap belajarnya rumit karena memerlukan logika berpikir dan logika bahasa.

Padahal di jurusan ini yang mahasiswanya bisa belajar mengenai perilaku dan fenomena manusia serta bisa berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah, kalian bisa menjadi konselor, penasihat negara, content writer, penasihat penelitian, dosen, hingga bekerja di industri kreatif seperti Dian Sastro.

4. Jurusan Antropologi Sosial


Jurusan yang satu ini terbilang menarik karena akan belajar mengenai hubungan antara masyarakat dalam suatu kelompok dan budaya etnis mulai dari perilaku, budaya, hingga keanekaragamannya.

Baca juga: 5 Prospek Karier Lulusan Jurusan Matematika, Nomor 3 Gajinya Miliaran

Lulusan dari jurusan ini banyak dicari lembaga dan instansi negara di bidang ilmu budaya. Kamu bisa bekerja sebagai peneliti, antropolog, pengajar, wartawan, PNS, konsultan, budayawan, HRD, dan masih banyak lagi.

5. Jurusan Arkeologi


Jurusan ini mempelajari tentang kebudayaan (manusia) masa lalu dan sekarang melalui sebuah kajian sistematis berdasarkan data-data benda yang ditinggalkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)