Mahfud MD Cawapres Ganjar, Ini Latar Belakang Pendidikannya

Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:44 WIB
loading...
Mahfud MD Cawapres Ganjar, Ini Latar  Belakang Pendidikannya
Mahfud MD resmi diusung sebagai cawapres Ganjar Pranowo. Foto/MPI.
A A A
JAKARTA - Mahfud MD resmi diusung sebagai cawapres Ganjar Pranowo , Rabu (18/10/2023). Lulusan UGM itu saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Bakal Calon Presiden (Bacapres) Perindo, Ganjar Pranowo resmi menggandeng Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD sebagai Calon Wali Presiden (Cawapres) di Pilpres 2024.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dalam deklarasinya di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim maka calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah prof Mahfud MD," ujar Megawati di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Prof. Dr. H Mohammad Mahfud Mahmodin atau yang dikenal dengan nama Mahfud MD adalah seorang tokoh nasional kelahiran Sampang, Madura 13 Mei 1957. Saat ini dia menjabat sebagai Menkopolhukam yang dilantik pada 2019 lalu.

Baca juga: Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Akan Daftar ke KPU Besok

Dikutip dari laman Mahkamah Konstitusi RI, Mahfud yang sebelumnya pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi RI ini menempuh pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtida'iyah di Pondok Pesantren al Mardhiyyah, Waru, Pamekasan, Madura.

Mahfud lalu melanjutkan pendidikan ke SD Negeri Waru Pamekasan, Madura. Lalu, Mahfud melanjutkan jenjang sekolah menengah pertama di Pendidikan Guru Agama Negeri selama empat tahun.

Kariernya di bidang hukum dimulai saat dia bersekolah di Pendidikan Hakim Islam Negeri atau PHIN—setara dengan sekolah menengah atas atau madrasah aliyah di Yogyakarta. PHIN merupakan sekolah islam berbasis kejuruan terkait hukum dan tata negara.

Baca juga: Megawati Tiba di Kantor DPP PDIP Jelang Pengumuman Cawapres Ganjar

Untuk mempertajam ilmu yang ia dapat di PHIN, Mahfud kemudian melanjutkan kuliah jenjang S1 ke Fakultas Hukum Jurusan Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia (UIII) yang berada di Yogyakarta. Di kampus ini pula Mahfud MD meraih gelar Guru Besar Fakultas Hukum UIII sejak tahun 1984.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2307 seconds (0.1#10.140)