3 Fakultas Tempat Mahfud MD Menuntaskan Pendidikan di UGM

Kamis, 19 Oktober 2023 - 12:43 WIB
loading...
3 Fakultas Tempat Mahfud MD Menuntaskan Pendidikan di UGM
Ada sekitar tiga fakultas tempat Mahfud MD menyelesaikan pendidikan di UGM. Foto/Dok. ugm.ac.id
A A A
JAKARTA - Ada sekitar tiga fakultas tempat Mahfud MD menjalani pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Salah satunya adalah Fakultas Ilmu Budaya yang dulunya sempat bernama Fakultas Sastra dan Kebudayaan.

Baru-baru ini, Mahfud MD resmi diumumkan sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo. Melihat riwayatnya, keduanya juga diketahui sebagai alumni UGM.

Terkait Mahfud MD sendiri, ia menjalani proses pendidikan di UGM pada berbagai jenjang dan bidang yang berbeda-beda. Berikut di antaranya yang bisa diketahui.

Daftar Fakultas Mahfud MD di UGM


1. Fakultas Ilmu Budaya


Pada riwayat pendidikannya, Mahfud MD pernah menjadi bagian dari Fakultas Sastra dan Kebudayaan (sekarang Fakultas Ilmu Budaya) Universitas Gadjah Mada. Waktu itu, ia masuk jurusan Sastra Arab.



Mengutip laman resmi UGM, Fakultas Ilmu Budaya didirikan pada 3 Maret 1946. Pertama kali, namanya masih menggunakan Faculteit Sastra, Filsafat, dan Kebudayaan.

Pada perjalanannya, fakultas ini memang mengalami beberapa kali pergantian nama kembali. Namanya sempat menjadi Fakultas Sastra dan Kebudayaan pada 15 Oktober 1955-6 Oktober 1982.

Barulah sekitar Juni 2001, namanya menjadi Fakultas Ilmu Budaya. Nama tersebut masih digunakan sampai sekarang.

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik


Menuntaskan kuliah Sastra Arab, Mahfud MD melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Waktu itu, ia memilih masuk program pascasarjana Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada (UGM).

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)