Arti Gelar Pendidikan Mahfud MD, Menko Polhukam yang Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Rabu, 18 Oktober 2023 - 11:02 WIB
loading...
Arti Gelar Pendidikan Mahfud MD, Menko Polhukam yang Jadi Cawapres Ganjar Pranowo
Mahfud MD resmi menjadi cawapres Ganjar Pranowo. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mahfud MD resmi menjadi cawapres yang mendampingi Ganjar Pranowo . Pengumuman deklarasi cawapres Ganjar Pranowo berlangsung di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu (18/10/2023).

Mahfud MD adalah seorang akademisi, hakim dan juga seorang politisi yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Indonesia sejak tahun 2019 lalu.

Sosoknya dikenal memiliki pemahaman mendalam mengenai hukum tata negara dan bidang yang ditekuni di dunia politik. Hal ini tergambar dari gelar pendidikan yang dimilikinya sebagai orang yang sangat ahli di bidang tata negara.

Berikut ulasan mengenai arti gelar pendidikan Mahfud MD.

Arti Gelar Pendidikan Mahfud MD


Mahfud MD memiliki beberapa gelar pendidikan yang tersemat di depan dan belakang namanya. Menko Polhukam kelahiran Sampang, Jawa Timur ini memang menempuh pendidikan tinggi.



Saat ini Mahfud MD memiliki gelar Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin, S.H., S.U., M.I.P. Hal ini menjelaskan pendidikan dan fokus ilmu yang dipilih semasa menimba ilmu.

Setelah menyelesaikan jenjang sekolah menengah atas, Mahfud MD melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Mahfud MD berkuliah di dua perguruan tinggi, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Islam Indonesia (UII).

Di UGM Mahfud MD berkuliah di jurusan Sastra Arab, sedangkan di UII Mahfud MD berkuliah di jurusan Hukum Tata Negara dan berhasil lulus di tahun 1983 dan meraih gelar Sarjana.

Setelah menyelesaikan program S1, Mahfud MD kembali menempuh pendidikan yang dilanjutkan program Pasca Sarjana S-2 bidang Ilmu Politik di UGM dan meraih gelar M.I.P atau Magister Ilmu Pemerintahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)