Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Beserta Struktur dan 10 Contohnya

Senin, 23 Oktober 2023 - 08:50 WIB
loading...
Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Beserta Struktur dan 10 Contohnya
Teks laporan hasil observasi merupakan sebuah dokumen tertulis yang berisi analisis tentang sesuatu objek yang telah diamati selama kegiatan observasi. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Teks laporan hasil observasi merupakan sebuah dokumen tertulis yang berisi analisis tentang sesuatu objek yang telah diamati selama kegiatan observasi. Sebelum menulis laporan observasi, para peneliti harus dapat menentukan objek yang akan dijadikan tempat observasi, menyusun jadwal, kemudian pencatat hasil observasi tersebut.

Setelah itu, para peneliti harus mencatat semua data dan hasil observasi dan disusun ke dalam sebuah teks hasil observasi.

Teks laporan hasil observasi biasanya digunakan dalam banyak bidang seperti ilmu pengetahuan, bisnis, pendidikan, dan bidang-bidang lain yang membutuhkan penelitian. Teks laporan hasil observasi harus ditulis dengan bahasa yang jelas, menggunakan format yang sesuai dan berstruktur.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara menyusun teks laporan hasil observasi, simak pengertian, struktur, dan contoh teks laporan hasil observasi berikut:

Pengertian


Teks Laporan Hasil Observasi menurut KBBI adalah “Laporan” yang berarti segala sesuatu yang dilaporkan atau diberitakan. Sedangkan “Observasi” berarti peninjauan secara cermat. Untuk lebih singkatnya, Teks Laporan hasil Observasi merupakan hasil pengamatan terhadap suatu objek yang telah diamati. Atau dapat disebut juga sebagai laporan karya tulis setelah melakukan kegiatan penelitian.

Baca juga: 15 Contoh Teks Ceramah Singkat Lengkap dengan Pengertian dan Struktur

Adapun tujuan dalam dibuatnya teks laporan hasil observasi adalah membantu dalam mendokumentasikan apa saja yang telah terjadi pada suatu objek di waktu tertentu. Hal tersebut dapat dijadikan catatan sejarah atau sebagai referensi.

Selain itu, teks laporan hasil observasi juga berguna untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dari objek yang telah diamati dan digunakan untuk analisis lebih lanjut.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

1. Pernyataan Umum


Pada bagian awal diisi dengan pernyataan umum. Bagian ini memperkenalkan secara singkat, padat, dan jelas tentang latar belakang observasi dan objek yang akan diobservasi.

2. Deskripsi Bagian


Pada bagian deskripsi bagian, Anda dapat menjelaskan secara garis besar tentang objek yang sudah diamati. Anda bisa menjelaskan bagian-bagian lebih spesifik tentang objek seperti, jenis, ciri-ciri, dan karakteristik.

3. Deskripsi Manfaat


Dalam bagian deskripsi manfaat, Anda dapat menjelaskan tentang manfaat dari objek yang telah anda observasi. Di Bagian ini, Anda dapat menunjukan manfaat serta kegunaan dari objek yang anda amati.

4. Kesimpulan


Dalam kesimpulan, Anda dapat menuliskan ringkasan singkat dari objek hasil observasi yang telah Anda tulis.

10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi :

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Manfaat Pupuk Kandang

Pupuk kandang merupakan pupuk yang paling mudah didapatkan. Pupuk kandang ini bisa didapatkan dari kotoran hewan ternak seperti ayam, kambing, kelinci, marmut, atau sapi.

Pupuk kandang selain mudah didapat dan murah juga ternyata lebih bagus dibandingkan dengan pupuk kimia. Tanaman yang dipupuk dengan menggunakan pupuk kandang lebih kuat terhadap penyakit dan subur.

Daun dan bunga pada tanaman yang dipupuk dengan menggunakan pupuk kandang lebih banyak. Tanaman pun terlihat kuat dan sehat. Sedangkan, tanaman yang dipupuk dengan pupuk dengan pupuk kimia memiliki daun dan bunga yang lebih sedikit.

Baca juga: Teks Prosedur dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contoh

Pupuk kandang ternyata mampu menjaga unsur keseimbangan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman tetap mendapatkan nutrisi secara seimbang. Berbeda dengan pupuk kimia yang bisa membuat tanaman menjadi rusak.

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Apel


Apel adalah jenis buah-buahan yang biasanya berwarna merah pada kulitnya jika sudah matang. Buah yang dihasilkan dari pohon apel juga terkadang berwarna hijau atau kuning. Kulit buah apel juga agak lembek dan memiliki tekstur daging yang keras.

Apel pertama kali ditanam di kawasan Asia Tengah, namun kini apel berkembang biak di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. Pohon apel memiliki nama ilmiah dalam bahasa latin yakni, Malus domestica.

Banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini. Apel bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, baik untuk kesehatan otak, dapat menjaga imun tubuh, dan dapat mencegah penyakit jantung. Sangat banyak sekali manfaat dari buah apel yang rasanya juga manis ketika sudah matang.

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Pemadam Kebakaran


Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebuah tabung berwarna merah yang sering ditemukan pada gedung-gedung dan juga pada pom bensin. Tabung berwarna merah tersebut adalah alat untuk memadamkan api yang mungkin muncul di dalam maupun di luar ruangan.

Penggunaan alat seperti ini sangat penting terutama di tempat-tempat yang rawan terjadi kebakaran. Hal ini dikarenakan api yang tidak terkontrol bisa sangat cepat untuk merambat ke tempat lain.

Alat pemadam kebakaran biasanya terdiri dari beberapa jenis yang memiliki karakteristik sendiri. Salah satu jenisnya adalah yang berisi air yang dicampur dengan nitrogen atau karbondioksida. Selain itu, ada juga alat pemadam kebakaran yang memadamkan api dengan mengeluarkan serbuk kering, yang biasanya bertujuan untuk memadamkan api yang berasal dari bahan kimia.

Jenis lain dari alat pemadam kebakaran adalah yang memiliki busa dan karbondioksida. Kedua hal tersebut dapat membuat api tidak mendapatkan suplai oksigen yang dibutuhkan untuk tetap menyala. Hal ini membuat alat pemadam kebakaran ini sangat cocok untuk memadamkan api yang ditimbulkan dari berbagai material.

Pada umumnya, api membutuhkan tiga hal agar tetap hidup, yaitu bahan bakar, oksigen, dan panas. Ketiga hal ini juga sering disebut sebagai segitiga api. Untuk memadamkan api, perlu untuk mengeliminasi salah satu aspek dari ketiga hal tersebut.

Jika kamu memadamkan api dengan air, maka kamu akan malah menambah suplai oksigen karena air mengandung oksigen. Ini sebabnya mengapa penggunaan alat pemadam kebakaran sangat efektif untuk mencegah api terus terbakar.

Alat pemadam kebakaran biasanya mengeluarkan bahan-bahan yang bisa menggantikan suplai oksigen agar proses pembakaran api terhenti dan potensi kebakaran dapat diatasi dengan cepat.

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Sampah

Sampah merupakan barang sisa yang tidak memiliki nilai ekonomi. Sampah dibagi menjadi dua jenis sampah organik dan sampah anorganik. Sungai merupakan aliran sungai yang mengalir dari hilir ke hulu. Sungai pada umumnya digunakan sebagai tempat kegiatan yang membantu manusia. Namun, didesa Jantur Kecamatan Bumiaji, sungai disalahgunakan menjadi tempat pembuangan akhir sampah sehingga sungai yang dulunya dialiri air sekarang menjadi kering dan penuh dengan timbunan sampah.

Sampah anorganik adalah sampah yang sulit diuraikan,tidak bisa hancur dengan alami, biasanya terdiri atas limbah bahan-bahan kimia yang tidak mudah diuraikan, sedangkan jika sampah anorganik di daur ulang dapat membuat barang yang bernilai guna. Contoh jenis sampah anorganik adalah plastik, wadah detergen, dan plastik-plastik bungkus sisa makanan.

Sampah organik adalah sampah yang dapat diuraikan lagi dan mudah membusuk. Sampah ini biasanya berupa limbah rumah tangga yang mudah membusuk; limbah ternak yang tidak dikelola terlebih dulu, tetapi langsung dibuang begitu saja; daun-daun atau batang pohon yang sudah mati. Contoh sampah organik adalah daun, sayur, sisa buah, limbah kayu sisa dan limbah pembuangan kotoran sapi.

Baik sampah organik maupun anorganik sesungguhnya sangat bermanfaat bagi kehidupan apabila manusia dapat mengolahnya dengan baik.

5. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Bunga Matahari

Bunga matahari sangat indah dan cantik ketika mekar terkena sinar matahari. Bunga ini sering kali dijadikan bunga untuk menghiasi tanaman atau pekarangan pada rumah-rumah. Bunga matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer.

Bunga matahari merupakan bunga musiman yang berasal dari Amerika Tropis bagian utara (Meksiko). Bunga ini memiliki tinggi 3 meter sampai 5 meter tergantung varietasnya. Bunga matahari memiliki daun tunggal yang lebar dan batang yang ditumbuhi rambut kasar, serta tegak dan jarang bercabang.

Baca juga: Teks Biografi: Pengertian, Struktur, dan Juga Contohnya

Manfaat dari bunga matahari yang bis akita dapat adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan otot, dapat mengontrol diabetes, dan mampu menjaga berat badan ideal.

6. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Harga Sembako Melonjak

Menjelang bulan suci Ramadhan, harga berbagai bahan pangan dan kebutuhan pokok alias sembako mulai merangkak naik. Demikian pula dengan harga sembako yang ada di semua pasar tradisional di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Kenaikan harga tertinggi di sejumlah pasar tradisional di Polewali Mandar, terutama terjadi pada sayur-mayur. Cabai keriting, misalnya, harganya naik hampir 100% dari harga semula Rp18.000,00 menjadi Rp32.000,00. Demikian pula, harga bawang merah yang sebelumnya dijual Rp7.000,00 per kilogram, kini melonjak hingga Rp19000.00 per kilogram. Harga gula pasir pun turut melonjak menjadi Rp12.000,00 per kilogram, padahal pekan lalu masih dijual di kisaran harga Rp9.000,00 per kilogram.

Komoditas pangan lainnya yang juga mengalami kenaikan harga adalah telur ayam, minyak goreng, dan tepung terigu.
Kenaikan harga pangan dan kebutuhan pokok di Polewali Mandar dipicu oleh terputusnya stok suplai dari beberapa daerah penyangga, seperti Enrekang, Duri, dan Pinrang, karena Jembatan Pajalele di Pinrang yang runtuh.

Menurut para pedagang, kenaikan harga memang terjadi hampir setiap hari dalam sepekan terakhir saat menjelang bulan suci Ramadhan. Namun, kali ini kenaikan harga juga disebabkan oleh terputusnya suplai sembako akibat jembatan penghubung suplai dari sejumlah daerah telah runtuh.

7. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Biota Laut Bunaken

Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut, di antaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut itu sendiri. Pada perairan Indonesia, biota laut merupakan salah satu kekayaan alam yang sangat berlimpah.

Di Indonesia, salah satu tempat yang terkenal karena keragaman biota lautnya adalah Taman Nasional Bunaken yang berlokasi di Manado. Di Taman Nasional Bunaken terdapat 7099-8096 jenis biota laut, seperti terumbu karang. Ada 58 jenis terumbu karang yang berada di sana.

Di samping terumbu karang, di Taman Nasional Bunaken juga terdapat bermacam alpa, rumput laut, ikan, mamalia laut, dan moluska raksasa. Ada lebih dari 2000 spesies ikan di Taman Nasional Bunaken. Selain itu, tujuh dari delapan spesies kerang raksasa yang terdapat di dunia juga dapat ditemukan di sana.

Tak hanya itu, kita pun bisa menemukan siput laut yang tidak mempunyai cangkang keras, dengan warna yang sangat beragam, serta berkunjung ke hutan bakau yang sangat terjaga di sana sebagai tempat tinggal bagi para kepiting, lobster, moluska, dan burung laut.

Keberadaan biota laut sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia. Misalnya, ikan dan rumput laut. Keduanya memiliki banyak kandungan gizi baik untuk kesehatan manusia.

Terumbu karang juga berguna bagi ekologi, ekonomi, serta perkembangan pariwisata daerah. Keragaman biota laut pun juga sangat bermanfaat bagi lingkungan, terutama hutan bakau yang memiliki fungsi untuk menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.

8. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kupu-Kupu


Kupu-kupu masuk dalam kategori serangga yang bisa terbang, kupu-kupu biasanya terlihat di antara pepohonan yang memiliki bunga.Kupu-kupu memiliki 3 pasang kaki yang posisinya di samping perut. Hewan bersayap warna-warni berbagai corak, terbang bebas di alam. Hinggap pada bunga untuk mencari makan yaitu nektar.

Siklus hidup kupu-kupu cukup singkat. Saat sudah menjadi dewasa hanya mampu bertahan selama satu minggu. Namun ada juga yang bisa bertahan dalam fase kupu-kupu hingga satu tahun tergantung spesiesnya.

Pertumbuhannya dimulai dari telur, kemudian larva atau ulat, berkembang jadi kepompong baru jadi kupu-kupu. Saat jadi ulat makanannya adalah daun tanaman tertentu. Selama jadi kepompong tidak mengambil makanan dari sekitar.

Kupu-kupu adalah makhluk diurnal yang aktif pada siang hari. Fase kupu-kupu ini nantinya akan melakukan perkawinan kemudian menghasilkan telur. Telur ini kemudian akan memulai siklus baru untuk kembali jadi kupu-kupu dewasa.

9. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Akses Media Sosial


Pada era yang serba digital saat ini, hampir setiap dari kita memiliki dan juga mengakses media sosial, dan berdasarkan data yang dikumpulkan oleh We Are Social pada Januari 2021, di mana dari total populasi manusia di bumi mencapai 7,83 miliar pada awal tahun 2021, dan 4,66 miliar orang di antaranya menggunakan internet, serta 4,20 miliar dari seluruh populasi manusia merupakan pengguna media sosial atau setara dengan lebih dari 53% dari total populasi dunia.

Dilansir dari Databoks, sebanyak 94% pengguna internet yang berusia 16-64 tahun, mengakses YouTube pada satu bulan terakhir (Januari 2021). Tidak hanya YouTube, mayoritas orang-orang juga mengakses Whatsapp yaitu sebanyak 87,7%, Instagram yaitu sebanyak 86,6%, serta Facebook yaitu sebanyak 85,5%.

Dari data tersebut bisa kita simpulkan bahwa semakin ke sini manusia semakin terhubung melalui adanya internet dan juga media sosial, baik untuk hiburan, berkomunikasi, dan sebagainya.

Hal ini penting bagi pemerintah maupun pengusaha untuk sekedar branding atau untuk berkomunikasi dengan target audiences mereka, mengingat pengguna internet dan juga media sosial sangat diminati saat ini.

10. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang Kuda


Kuda memiliki nilai ekonomis sekaligus historis bagi kehidupan manusia. Sudah sejak lama dipelihara dan menjadi pemegang peran penting dalam hal transportasi, pengangkutan manusia maupun barang.

Sebagai alat transportasi manusia biasa digunakan sadel sebagai tempat duduk. Untuk mengangkut barang digunakan kereta bantu yang disambungkan pada bagian tubuh kuda agar bisa ditarik.

Pemanfaatan ini sudah terjadi sejak ratusan tahun lalu. Postur tubuhnya tinggi, kokoh dan panjang dengan 4 kaki yang tampak sangat kuat. Kuda sangat lincah di berbagai medan dan sanggup berlari dengan cepat.

Beratnya bisa mencapai lebih dari 500 kg. Beberapa jenis yang populer digunakan adalah kuda Arab. Morgan, Paint, Quarter Horse, Thoroughbred, Percheron, Clydesdale dan Draft. Ada juga kuda berukuran kecil dan ringan yaitu kuda Poni.

Kuda juga menjadi simbol dari kebebasan, kecerdasan dan kecepatan. Kuda juga menjadi salah satu simbol penanggalan China atau Shio. Mencerminkan filosofi yang sama yaitu cerdas, cepat, mandiri, merdeka.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)