Teks Biografi: Pengertian, Struktur, dan Juga Contohnya

Selasa, 17 Oktober 2023 - 08:36 WIB
loading...
Teks Biografi: Pengertian, Struktur, dan Juga Contohnya
Teks biografi merupakan teks narasi yang bertujuan untuk mengisahkan suatu peristiwa dengan nyata. Foto/Freepik/Nakaritore..
A A A
JAKARTA - Biografi adalah riwayat hidup seseorang, mulai dari sejarah hidup, pengalaman-pengalaman, hingga kisah sukses yang ditulis oleh orang lain.

Biasanya, biografi menampilkan tokoh-tokoh terkenal, orang sukses, atau orang yang memiliki peran besar di kehidupan orang banyak. Contohnya seperti Presiden, Gubernur, Artis, Atlet, dan lainnya.

Teks biografi merupakan teks narasi yang bertujuan untuk mengisahkan suatu peristiwa dengan nyata, sehingga membuat pembaca seolah-olah menyaksikan langsung peristiwa itu.

Baca juga: 20 Contoh Peribahasa yang Menggunakan Kata Indah, Simak Maknanya

Struktur Teks Biografi

1. Orientasi


Orientasi atau setting adalah informasi yang berisi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pembaca. Informasi yang disampaikan menjawab pertanyaan siapa, kapan, di mana, dan mengapa.

2. Kejadian Penting


Kejadian penting berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis berdasarkan urutan waktu yang meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami oleh tokoh.

3. Reorientasi


Reorientasi adalah komentar evaluatif atau pernyataan kesimpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.

Baca juga: Pengertian, Ciri-Ciri, Berikut Contoh Majas Metonimia

Contoh Teks Biografi

Biografi Presiden Joko Widodo (Jokowi)


Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi adalah Presiden Indonesia yang menjabat sejak tahun 2014. Ia lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 21 Juni 1961. Jokowi berasal dari keluarga sederhana dan pernah mengalami beberapa kali penggusuran rumah.

Jokowi menempuh pendidikan dasar di SD Negeri 112 Tirtoyoso, SMP Negeri 1 Surakarta, dan SMA Negeri 6 Surakarta. Setelah lulus SMA, ia melanjutkan kuliah di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Ia lulus pada tahun 1985.

Setelah lulus kuliah, Jokowi bekerja sebagai karyawan di perusahaan BUMN di Aceh. Namun, ia memutuskan untuk kembali ke Surakarta pada tahun 1988 untuk memulai usaha mebel. Usahanya berkembang pesat dan menjadikannya salah satu pengusaha mebel sukses di Surakarta.

Baca juga: 5 Langkah Menulis Teks Biografi, Lengkap dengan Penjelasan dan Struktur

Pada tahun 2005, Jokowi terpilih sebagai Wali Kota Surakarta. Ia menjabat selama dua periode hingga tahun 2012. Selama menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, Jokowi berhasil membawa perubahan yang signifikan di kota tersebut. Ia dikenal sebagai sosok yang merakyat dan dekat dengan masyarakat.

Pada tahun 2012, Jokowi terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ia menjabat selama dua periode hingga tahun 2014. Selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi juga berhasil membawa perubahan yang signifikan di kota tersebut. Ia dikenal sebagai sosok yang tegas dan berkomitmen untuk membangun Jakarta.

Pada tahun 2014, Jokowi terpilih sebagai Presiden Indonesia. Ia terpilih bersama dengan Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden. Jokowi menjadi presiden Indonesia pertama yang bukan berasal dari kalangan elite politik atau militer.

Pada tahun 2019, Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden Indonesia untuk masa jabatan kedua. Ia terpilih bersama dengan KH. Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden.

Jokowi adalah sosok yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ia dikenal sebagai sosok yang merakyat, tegas, dan berkomitmen untuk membangun Indonesia.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)