7 Jurusan Kuliah Bidang IT yang Lulusannya Banyak Jadi Incaran Perusahaan BUMN

Senin, 23 Oktober 2023 - 09:41 WIB
loading...
7 Jurusan Kuliah Bidang IT yang Lulusannya Banyak Jadi Incaran Perusahaan BUMN
Salah satu jurusan bidang IT yang lulusannya banyak dibutuhkan perusahaan BUMN adalah jurusan Sistem Informasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 jurusan kuliah bidang IT yang lulusannya banyak diincar perusahaan BUMN . Persepsi di tengah masyarakat masih meyakni bahwa bekerja di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) cukup menjanjikan di masa depan. Selain gaji yang lumayan baik, bekerja di BUMN disebut-sebut memiliki prestise tersendiri.

Lalu bagaimana caranya bisa bekerja di perusahaan BUMN? Tentu yang paling utama adalah mengajukan lamaran sesuai kualifikasi yang diminta. Apa itu? Jurusan kuliah yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan BUMN menjadi yang terdepan diincar dalam lowongan kerja banyak perusahaan BUMN.

Salah satu jurusan yang banyak dibutuhkan perusahaan BUMN adalah bidang teknologi informasi (IT). Dilansir dari akun Instagram @masukptn, artikel kali ini akan mengulas 7 jurusan bidang IT yang lulusannya banyak menjadi incaran perusahaan BUMN.

7 Jurusan Kuliah Bidang IT yang Lulusannya Banyak Diincar Perusahaan BUMN


1. Sistem Informasi

Dengan mengambil jurusan Sistem Informasi ini, maka mahasiswa akan bisa menggabungkan teknologi informasi dengan aspek bisnis dan manajemen.

2. Teknik Informatika


Para mahasiswa di jurusan Teknik Informatika ini memiliki pemahaman yang luas tentang pengembangan perangkat lunak, insinyur jaringan atau analisis sistem. Beberapa perusahaan BUMN yang mengincar jurusan antara lain adalah PT. Jasa Marga, PT. Kimia Farma dan PT. Pos Indonesia.

3.Teknik Elektro


Pada jurusan ini, mahasiswa akan belajar mengenai doain rangkaian listrik, elektronika, telekomunikasi serta kendali. Pada jurusan ini juga banyak menerapkan ilmu dasar dari Fisika, Matematika dalam konteks listrik, magnetisme dan elektromagnetisme.Tentu saja ilmu ini sangat dibutuhkan di banyak perusahaan BUMN.


4. Teknik Komputer


Mungkin banyak yang mengira jurusan Teknik Komputer akan sama dengan Teknik Informatika. Meski hampir mirip, keduanya cukup memiliki perbedaan, di mana di jurusan ini mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara merancang, membangun dan memelihara perangkat keras komputer dan sistem yang tertanam. Lulusan jurusan ini akan memiliki keahlian dalam bidang elektronika, mikrokontroler, robotika dan sistem operasi yang banyak dibutuhkan oleh Perusahaan BUMN.

5. Teknik Telekomunikasi


Berikutnya adalah jurusan Teknik Telekomunikasi yang juga banyak diincar oleh perusahaan BUMN. Program studi ini juga menjadi salah satu yang populer di kalangan mahasiswa.

Fokus ilmu yang dipelajari di jurusan ini adalah pengembangan, pelaksanaan dan pengelolaan sistem komunikasi nirkabel dengan memanfaatkan jaringan nirkabel.

6. Ilmu Komputer


Beberapa perusahaan BUMN yang mencari lulusan Ilmu Komputer di antaranya adalah PT. Bank Mandiri (Persero), PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

7. Data Science


Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan memiliki keahlian di bidang pengelolaan dan analisis soal data. Mereka akan dapat mengejar karir sebagai analisis data di salah satu perusahaan BUMN dengan gaji yang menggiurkan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3771 seconds (0.1#10.140)