Gelar dan Riwayat Pendidikan Cawapres Indonesia 2024, Alumni Kampus Mana Saja?

Rabu, 25 Oktober 2023 - 13:34 WIB
loading...
Gelar dan Riwayat Pendidikan Cawapres Indonesia 2024, Alumni Kampus Mana Saja?
Gelar dan juga riwayat pendikan para cawapres Indonesia 2024 menarik untuk disimak sebagai informasi tambahan menuju Pemilu 2024 nanti. Foto/MPI.
A A A
JAKARTA - Sejumlah tokoh telah dideklarasikan menjadi calon wakil presiden ( cawapres ) 2024. Cawapres 2024 tersebut adalah Mahfud MD , Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar.

Dalam hal pendidikan, ketiga cawapres ini mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Berikut gelar serta riwayat pendidikan cawapres Indonesia 2024.

Gelar dan Riwayat Pendidikan Cawapres Indonesia 2024

1. Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P


Mahfud MD lahir di Sampang, Madura, 13 Mei 1957. Mahfud, yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di pemerintahan Joko Widodo, maju sebagai cawapres mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden 2024.

Baca juga: Arti Gelar KPH yang Diperoleh Gibran Rakabuming Raka dari Mangkunegara X

Mahfud mendapat gelar S1 di dua universitas berbeda, yaitu di S1 Fakultas Hukum Jurusan Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan S1 Fakultas Sastra dan Kebudayaan Jurusan Sastra Arab Universitas Gadjah Mada (UGM).

Selanjutnya, cawapres yang diusung Partai Perindo ini menempuh pendidikan S2 di UGM dengan konsentrasi ilmu politik. Pada jenjang S3, Mahfud menekuni Ilmu Hukum Tata Negara UGM. Dia merupakan profesor Hukum Tata Negara UII.

2. Gibran Rakabuming Raka


Gibran Rakabuming Raka lahir di Solo, 1 Oktober 1987. Anak pertama Presiden Joko Widodo yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo itu didapuk sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden 2024.

Baca juga: Riwayat Pendidikan Selvi Ananda, Istri Gibran Rakabuming Raka yang Diusung Jadi Cawapres Prabowo Subianto

Gibran menyelesaikan pendidikan SMA di Orchid Park Secondary School, Singapura. Selanjutnya, ia lulus dari Management Development Institute of Singapore pada 2007. Gibran kemudian meneruskan pendidikan di University of Technology Sydney Insearch di Sydney, Australia dan lulus pada 2010. Ia tidak mencantumkan gelar pendidikannya di undangan pernikahannya dengan Selvi Ananda Putri.

3. Dr. (HC) Drs. H. A. Muhaimin Iskandar, M.Si


Muhaimin Iskandar menjadi cawapres mendampingi Anies Baswedan dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Pria yang akrab disapa Cak Imin ini lahir di Jombang, 24 September 1966. Saat ini Cak Imin menjabat sebagai Ketua Umum PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) serta Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Cak Imin menyelesaikan pendidikan S1 di FISIP UGM (Universitas Gadjah Mada). Selanjutnya, ia menempuh pendidikan jenjang S2 di Universitas Indonesia (UI) dengan konsentrasi Manajemen Komunikasi. Cak Imin juga diberi gelar Doktor Honoris Causa bidang sosial politik oleh Universitas Airlangga (Unair).

Demikian tadi gelar dan riwayat pendidikan cawapres 2024. Semoga informasi ini menambah wawasan kalian ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2743 seconds (0.1#10.140)