Kemendikbudristek Luncurkan Matching Fund 2024 dengan Skema Multiyears

Minggu, 29 Oktober 2023 - 11:18 WIB
loading...
Kemendikbudristek Luncurkan Matching Fund 2024 dengan Skema Multiyears
Kemendikbudristek meluncurkan program Matching Fund 2024 dengan skema multiyears atau multi-tahun. Foto/Ditjen Diksi.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek kembali meluncurkan program Matching Fund . Selain lebih awal, Matching Fund 2024 juga melakukan terobosan pembiayaan multiyears atau multi-tahun untuk menjamin keberlanjutan penelitian.

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiku Yuliati mengatakan, sebagai program terobosan, berbagai capaian Matching Fund tidak hanya membawa manfaat bagi dosen maupun industri saja, tetapi juga terhadap reputasi Indonesia di kancah global yang sedang terus diupayakan oleh pemerintah.

“Kita ingin menimbulkan kepercayaan masyarakat global tentang kesiapan kita menjadi negara yang mampu secara aktif dan produktif ikut dalam berbagai aktivitas ekonomi global,” katanya, dikutip Minggu (29/10/2023).

Baca juga: Competitive Fund Vokasi Siapkan Lulusan dengan Kompetensi Global

Menurutnya, dengan reputasi yang baik di kancah global, maka kepercayaan para investor terhadap Indonesia akan meningkat. Dengan demikian, diharapkan dapat berdampak signifikan terhadap kemajuan ekonomi bangsa Indonesia.

Dalam acara Peluncuran Program Matching Fund Vokasi 2024, Kiki mengatakan terdapat pembaruan pada program Dana Padanan tahun 2024, yakni terkait dengan skema pembiayaan yang dapat dilakukan secara multi-tahun.

Selain dapat menjamin keberlanjutan riset, menurut Kiki, skema pendanaan multi-tahun tersebut juga diharapkan mendorong pelaksanaan teaching factory atau teaching industry di perguruan tinggi vokasi.

“Salah satu yang ingin kami kejar dari multiyear ini adalah pembangunan teaching factory atau teaching industry di kampus-kampus vokasi. Karena pada dasarnya pendidikan vokasi adalah industrial based learning,” ujarnya.

Baca juga: Matching Fund Kedaireka Kembali Dibuka, Ada Pendanaan hingga Rp750 M

Dengan skema pendanaan multi-tahun tersebut, diharapkan industri dapat bekerja sama dengan satuan pendidikan vokasi untuk mendukung pembelajaran sekaligus memproduksi barang atau jasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)