Pentingnya Kesejahteraan Psikologi untuk Pencapaian Akademik Siswa

Minggu, 29 Oktober 2023 - 15:46 WIB
loading...
Pentingnya Kesejahteraan Psikologi untuk Pencapaian Akademik Siswa
Para narasumber dan audiens pada diskusi Pendidikan Positif: Menciptakan Lingkungan Sekolah Tempat Siswa Berkembang. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kesejahteraan psikologi dinilai berperan penting dalam pencapaian akademik siswa di sekolah . Ekosistem yang mendukung kemampuan siswa akan menambah kepercayaan diri peserta didik dalam belajar.

Kepala Kemitraan Global Oxford University Press Luke Sweetman menjelaskan, hasil riset yang dilakukan pihaknya bahwa ketika kesejahteraan psikologi telah dirasakan oleh siswa maka pencapaian akademik siswa itu juga otomatis akan meningkat.

Oxford University Press, sebuah departemen di Universitas Oxford, memperkenalkan pendekatan holistik untuk siswa berusia 2 hingga 19 tahun dengan mengutamakan kesejahteraan siswa, yang mencakup Oxford International Curriculum dan OxfordAQA International Qualifications.

Pendekatan inovatif ini mendukung visi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Indonesia, yang didukung oleh dedikasi yang sangat tinggi untuk membina kesejahteraan siswa sebagai bagian terpenting dari pengalaman belajar.

Baca juga: 5 Channel YouTube yang Bikin Kamu Pintar Bahasa Inggris

Pentingnya kesejahteraan psikologis siswa ini yang menjadi pembahasan pada diskusi Pendidikan Positif: Menciptakan Lingkungan Sekolah Tempat Siswa Berkembang yang digelar Oxford University Press, Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia, dan Kedutaan Besar Inggris Jakarta.

Dari diskusi yang digelar itu, banyak sekolah yang datang dan akhirnya menyadari bahwa peningkatan kesejahteraan siswa bisa dilakukan melalui penciptaan lingkungan belajar yang baik.

Sementara Ketua Perkumpulan Sekolah SPK Indonesia Haifa Segeir mendukung adanya kesejahteraan psikologi siswa yang berdampak kepada kepercayaan diri dan juga pencapaian akademik peserta didik berdasarkan riset dari Oxford University Press tersebut.

"Justru kalau anak-anak happy dia akan lebih confident dan achievement dia juga akan lebih baik," ujar Haifa usai diskusi.

Haifa menambahkan, sistem pembelajaran yang mengedepankan kesejahteraan psikologis siswa ini juga selaras dengan Kurikulum Merdeka, kurikulum yang memang fokus kepada kemampuan anak itu sendiri dalam mencapai hasil pembelajaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)