4 Jurusan Kuliah IPS yang Lulusannya Mudah Kerja di BUMN, Gaji dan Jenjang Karier Oke

Selasa, 31 Oktober 2023 - 12:42 WIB
loading...
4 Jurusan Kuliah IPS yang Lulusannya Mudah Kerja di BUMN, Gaji dan Jenjang Karier Oke
Pertamina merupakan salah satu perusahaan besar BUMN. setidaknya ada 4 jurusan IPS yang lulusannya diklaim mudah bekerja di BUMN. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 4 jurusan kuliah IPS yang lulusannya mudah mendapatkan kerja di BUMN dengan gaji dan karier oke. Memilih jurusan kuliah tidak bisa asal-asalan dan harus dipikirkan matang-matang karena berkaitan dengan masa depan seseorang.

Salah satu lembaga yang banyak diincar lulusan perguruan tinggi untuk mencari kerja adalah perusahaan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Persoalannya tidak semua jurusan yang lulusannya bisa terakomodasi sebagai pegawai di perusahaan BUMN. Artikel kali ini khusus membahas 4 jurusan kuliah IPS yang lulusannya mudah bekerja di BUMN, simak ya!

4 Jurusan Kuliah IPS yang Lulusannya Mudah Kerja di BUMN


1. Jurusan Rumpun Ilmu Ekonomi dan Bisnis (Akuntansi/Manajemen/Ilmu Ekonomi)


Setiap perusahaan BUMN pasti membutuhkan jurusan kuliah ini untuk mengisi divisi corporate finance atau business development.
Selain itu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan, perbankan dan asuransi juga banyak mencari lulusan jurusan ini.

2. Ilmu Hukum


Lulusan jurusan kuliah ilmu hukum biasanya bekerja di divisi Corporate Legal dari masing-masing perusahaan BUMN.

3. Ilmu Komunikasi


Lulusan jurusan kuliah ini biasanya ditempatkan di Corporate Secretary atau Corporate Communication dari masing-masing perusahaan BUMN.


4. Jurusan Psikologi/Administrasi Bisnis


Lulusan jurusan kuliah ini biasanya cocok untuk ditempatkan bekerja di HR atau General Affairs dari masing-masing perusahaan BUMN.

7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Banyak Dicari Perusahaan BUMN


1. Teknik

Sudah menjadi rahasia umum jika jurusan Teknik ini banyak diminati di perusahaan BUMN, terlebih pada perusahaan yang berhubungan dengan tambang atau kontraktor, atau sektor lainnya.

2. Manajemen


Jurusan kuliah ini mempelajari mengenai cara mengelola dan memimpin organisasi atau perusahaan agar dapat tercapai kinerja yang lebih optimal.

3. Administrasi Bisnis


Jurusan kuliah ini melibatkan banyak bidang seperti matematika, hukum, keuangan, bisnis, serta etika bisnis. Selain itu juga mencakup berbagai aspek penting dalam mengelola bisnis dan organisasi secara efektif dan efisien.

4. Teknologi Informasi


Bidang kuliah ini mencakup studi pengembangan teknologi, baik itu perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

5. Akuntansi


Jurusan kuliah ini fokus pada pengaturan dan pengevaluasian keuangan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Mahasiswa jurusan kuliah ini akan diajari bagaimana teknik dan metode akuntansi dalam menyusun laporan keuangan serta bagaimana cara mengambil keputusan bisnis berdasarkan informasi dari laporan keuangan yang ada.

6. Perbankan


Jurusan kuliah Perbankan banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan BUMN yang bergerak di sektor keuangan seperti bank.

7. Ekonomi


Jurusan kuliah ini mempelajari mengenai cara pengelolaan sumber daya seperti keuangan, sumber daya alam, waktu ataupun tenaga dengan mempertimbangkan efisiensi dalam mencapai kesejahteraan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3363 seconds (0.1#10.140)