Ganjar Pranowo Apresiasi Peran Muhammadiyah pada Bidang Pendidikan

Rabu, 01 November 2023 - 15:45 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Apresiasi Peran Muhammadiyah pada Bidang Pendidikan
Ganjar Pranowo, calon presiden yang diusung Partai Perindo. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Calon Presiden Ganjar Pranowo memberikan penghargaan atas peran krusial Muhammadiyah dalam mendukung perjalanan Indonesia menuju kesuksesan, terutama di sektor kesehatan dan pendidikan.

Ganjar menyampaikan pandangan ini saat menghadiri acara pengukuhan dan pertemuan nasional Pimpinan Forum Keluarga Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (FOKAL IMM) yang berlangsung di Hotel Menara Peninsula, Jakarta Barat, pada Sabtu (28/10/2023).

Dalam forum yang dihadiri oleh Pimpinan Wilayah Fokal IMM dari seluruh Indonesia, Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini berdiskusi tentang peran penting Muhammadiyah, terutama dalam sektor pendidikan. Ganjar menekankan bahwa kehadiran ribuan lembaga pendidikan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi adalah bukti nyata peran vital Muhammadiyah dalam pembangunan pendidikan.

Baca juga: Hadiri Forum Alumni IMM, Ganjar Dapat Kejutan Ulang Tahun

“Sudah jelas peran serta Muhammadiyah bidang pendidikan hingga perguruan tinggi,” tegasnya.

Ia menyebut bahwa kontribusi Muhammadiyah di sektor pendidikan sangat penting, karena mereka memiliki program-program terstruktur untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Oleh karena itu, ia menilai bahwa kontribusi Muhammadiyah dalam mencapai target Indonesia Emas tahun 2045 melalui program-program yang memberikan dampak positif sangat berarti.

Muhammadiyah dalam Dunia Pendidikan

Muhammadiyah adalah sebuah organisasi Islam yang sangat peduli terhadap dakwah, pendidikan, kesehatan, serta berbagai kegiatan amal lainnya, termasuk dalam aspek politik.

Organisasi ini dikenal sebagai sebuah gerakan tajdid, mereformasi, dan menggerakkan perubahan positif di berbagai bidang, terutama dalam pendidikan. Sebagai gerakan tajdid, Muhammadiyah diharapkan untuk berperan aktif dalam merancang strategi dan mencari solusi atas berbagai tantangan sosial yang ada saat ini.

Gerakan Tajdid adalah gerakan pembaharuan dalam ajaran Islam yang sebelumnya telah dipengaruhi oleh kepercayaan takhayul, bidah, dan Khurafat (keyakinan tanpa dasar). Istilah Tajdid berasal dari bahasa Arab yang berarti penyegaran atau penyempurnaan.

Baca juga: Baliho dan Bendera PDIP Dicopot saat Kunjungan Jokowi di Bali, Begini Respons Ganjar Pranowo

Muhammadiyah, organisasi Islam besar di Indonesia, memiliki peran penting dalam berbagai bidang, terutama pendidikan. KH Ahmad Dahlan, pendirinya, adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Muhammadiyah bekerja bersama dengan organisasi besar lainnya seperti Nadhlatul Ulama (NU) untuk kemajuan bangsa, dengan tugas yang saling melengkapi daripada bersaing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3129 seconds (0.1#10.140)