Apakah yang Bekerja di Rumah Sakit Harus Jurusan Kuliah Kedokteran?

Jum'at, 03 November 2023 - 10:33 WIB
loading...
Apakah yang Bekerja di Rumah Sakit Harus Jurusan Kuliah Kedokteran?
Rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan lainnya juga membutuhkan tenaga non medis selain dari jurusan kedokteran. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Biasanya hanya lulusan kedokteran yang dianggap banyak dicari rumah sakit. Padahal ada banyak posisi dari berbagai jurusan kuliah yang dibutuhkan di setiap rumah sakit.

Pelayanan di sebuah rumah sakit baik itu rumah sakit yang dikelola negeri ataupun swasta tidak akan sempurna jika hanya dikelola oleh dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya.

Rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan lainnya juga membutuhkan tenaga non medis untuk memberikan pelayanan medis yang baik kepada pasien yang datang berobat.

Baca juga: Mengenal Jurusan Kuliah Administrasi Rumah Sakit, Lowongannya Banyak di Bidang Kesehatan

Maka dari itu, jika kalian berminat bekerja di rumah sakit namun bukan lulusan jurusan kedokteran, ada banyak peluang kerja lainnya. Simak ulasan di bawah ini.

10 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Rumah Sakit Selain Kedokteran

1. Radiologi


Prospek kerja utama seorang lulusan Jurusan Radiologi adalah menjadi seorang radiografer. Selain membantu proses diagnosis medis, untuk beberapa penyakit juga memerlukan terapi radiologi.

2. Fisioterapi


Jurusan yang mempelajari fungsi gerak tubuh manusia mulai dari cara gerak hingga bentuk otot, sendi, dan juga tulang ini juga terbuka di rumah sakit dan klinik yang membuka pelayanan fisioterapi.

3. Administrasi Rumah Sakit


Jurusan Administrasi Rumah Sakit akan mempelajari tata kelola, manajemen, berdasar prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi, independensi, responsibilitas, dan kewajaran.
Lulusannya banyak dibutuhkan sebagai sekretaris medik dan manajemen rumah sakit.

4. Teknologi Laboratorium Medis


Salah satu profesi lain yang juga memegang peranan penting dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit adalah teknologi laboratorium medis. Mereka bisanya akan membantu dokter untuk mengidentifikasi jenis penyakit dan menentukan langkah perawatan pasien.

5. Orthopaedi dan Traumatologi


Orthopaedi dan Traumatologi merupakan jurusan yang mempelajari tentang cedera akut, kronis, dan trauma juga gangguan lain sistem muskuloskeletal. Lulusannya bisa menjadi dokter subspesialis Orthopaedi dan Traumatologi.

Baca juga: Berminat Jadi Apoteker? Ini 6 Kampus Negeri dengan Jurusan Farmasi Terbaik Versi EduRank 2023

6. Kesehatan Lingkungan


Jurusan Kesehatan Lingkungan merupakan suatu disiplin ilmu untuk memperoleh keseimbangan antara lingkungan hidup dan manusia. Area garapannya mencakup masalah sanitasi lingkungan hingga health safety and environment. Rumah sakit pun banyak membutuhkan alumni dari jurusan ini.

7. Ilmu Gizi


Peran ahli gizi di rumah sakit contohnya bertanggung jawab atas pelayanan dan pengasuhan gizi pasien rawat inap dengan menyiapkan menu sesuai dengan kondisi penyakit dan memberikan panduan untuk kesehatan.

8. Teknik Biomedis


Pernahkah kalian saat ke rumah sakit melihat deretan alat-alat canggih untuk memonitor kondisi pasien seperi CTS-CAN, MRI, alat pengukur detak jantung, dan lainnya? Mahasiswa Jurusan Teknik Biomedis akan berteman baik dengan peralatan-peralatan medis dan hal-hal yang berbau kesehatan.

9. Kesehatan Masyarakat


Jurusan Kesehatan Masyarakat mempelajari ilmu sosial dan ilmu medis. Jurusan ini berfokus pada analisis taraf hidup serta kesehatan masyarakat yang dapat berguna dalam beberapa pekerjaan selain rumah sakit.

10. Keperawatan


Seorang perawat di rumah sakit nantinya akan menjadi sosok tangan kanan dokter berbekal ilmu dasar keperawatan dan juga ilmu biomedik serta computer kesehatan.

Demikian 10 jurusan yang bisa bekerja di rumah sakit selain jurusan kedokteran. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0864 seconds (0.1#10.140)