Ini Perbedaan Master by Coursework dan Master by Research Kuliah S2 Kampus Luar Negeri

Sabtu, 04 November 2023 - 14:12 WIB
loading...
Ini Perbedaan Master by Coursework dan Master by Research Kuliah S2 Kampus Luar Negeri
Dalam perkuliahan jenjang S2 di luar negeri, Master by Coursework dan Master by Research kadangkala dianggap sama padahal keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan Master by Coursework dan Master by Research kampus di luar negeri. Apakah kamu pernah mendengar istilah master by coursework dan Master by Research? Dalam perkuliahan S2 di luar negeri kedua program tersebut kadangkala dianggap sama ole beberapa orang.

Walaupun memang terdengar serupa, namun keduanya merupakan program pendidikan yang berbeda. Dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengenai perbedaan antara Master by Coursework dan Master by Research, simak ya!

Apa Itu Master by Coursework?


Master by Coursework adalah program pascasarjana (S2) di luar negeri berbasis kursus (coursework) dan tugas akhir (thesis/disertasi). Gelar master degree ini lebih berfokus pada penyelesaian mata kuliah dan tugas-tugas terstruktur. Lama program Master by Coursework umumnya berlangsung selama 1-2 tahun akademik dengan total beban studi 24-48 sks.

Dalam program Master by Coursework, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah yang berkaitan dengan bidang studi yang kamu ambil. Mata kuliah tersebut dapat diajarkan melalui berbagai metode, seperti kuliah, seminar, diskusi, dan praktikum. Selain itu, kamu juga akan diwajibkan untuk mengerjakan berbagai tugas, seperti makalah, presentasi, dan ujian.

Berikut ini beberapa keunggulan program master by coursework

• Memperdalam keahlian di bidang tertentu melalui kursus spesialisasi intensif
• Memperluas jaringan profesional melalui kerja kelompok
• Memperbanyak pengalaman riset dan penulisan karya ilmiah
• Memperoleh gelar master yang diakui secara internasional
• Meningkatkan kualifikasi untuk promosi jabatan dan gaji
• Tersedia opsi beasiswa untuk pelajar berprestasi


Apa Itu Master by Research?


Master by Research adalah program kuliah S2 berbasis penelitan. Kamu diharuskan melakukan penelitian secara mendalam di bawah bimbingan dosen.

Jadi fokus utamanya adalah menyelesaikan penelitian untuk tugas akhir tesis dan bukan hanya mengikuti kuliah. Dalam program master by research kamu dituntut untuk mampu merancang dan melaksanakan penelitian secara independen.

Master by Research berlangsung selama 2-3 tahun dengan beban studi 30-60 sks. Sebagian besar credit master by research diisi kegiatan penelitian, mulai dari penyusunan proposal, pelaksanaan, hingga penulisan laporan akhir.

Berikut manfaat dan keunggulan Master by Research:


• Mendalami bidang ilmu melalui penelitian langsung
• Mengasah kemampuan merancang dan melaksanakan penelitian
• Memperluas wawasan dengan menemukan temuan baru
• Melatih keterampilan analisis data dan penulisan ilmiah
• Memperoleh gelar master yang diakui secara internasional
• Meningkatkan kualifikasi untuk menjadi peneliti atau akademisi

Perbedaan Master by Coursework dan Master by Research


1. Cara Studinya

Perbedaan pertamanya yaitu cara studinya. Kalau Master by research sangat berfokus pada penelitian mandiri dengan supervisi ketat dari dosen pembimbing. Sedangkan master by coursework berfokus pada pembelajaran melalui kuliah, ujian, dan penulisan laporan.

2. Struktur Programnya


Kemudian perbedaan selanjutnya yaitu pada struktur programnya. Kalau kurikulum master by research sebagian besar terdiri dari kegiatan penelitian mandiri dan penulisan tesis di bawah bimbingan dosen pembimbing. Jadi hanya sedikit atau tidak ada kuliah formal.

Sementara itu kurikulum master by coursework sebagian besar terdiri dari kuliah formal, ujian, dan penulisan laporan. Ada porsi kecil untuk penelitian mandiri.

3.Hasil yang Didapat Setelah Lulus


Perbedaan yang ketiga adalah hasil yang didapatkan setelah lulus. Kalau master by research adalah tesis hasil penelitian mandiri yang bersifat orisinal dan memberikan kontribusi baru bagi bidang ilmu yang ditekuni. Sedangkan master by coursework adalah nilai dari berbagai mata kuliah, ujian, dan laporan yang ditulis.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)