Jurusan Antropologi, Mata Kuliah yang Dipelajari dan Beragam Prospek Kerjanya di Masa Depan

Selasa, 07 November 2023 - 13:21 WIB
loading...
Jurusan Antropologi, Mata Kuliah yang Dipelajari dan Beragam Prospek Kerjanya di Masa Depan
Antropologi merupakan salah satu program studi atau jurusan dari rumpun Sosial Humaniora yang dikenal dengan Soshum. Salah satu universitas yang memiliki jurusan ini adalah UGM. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini informasi seputar jurusan Antropologi, mata kuliah yang dipelajari, prospek kerjanya hingga kampus yang membuka jurusan Antropologi. Harus diakui bahwa jurusan Antropologi selama ini memang masih belum banyak diminati oleh para calon mahasiswa baru.

Hal tersebut bisa jadi disebabkan dengan beberapa faktor. Salah satunya adalah ketidaktahuan calon mahasiswa tentang jurusan Antropologi. Artikel kali ini akan membahas seputar jurusan Antropologi, mata kuliah yang dipelajari hingga prospek kerjanya, simak ya!

Mengetahui Jurusan Antropologi: Mata Kuliah dan Peluang Karier


Antropologi merupakan salah satu program studi atau jurusan dari rumpun Sosial Humaniora yang dikenal dengan Soshum.
Meski berasal dari rumpun ilmu Soshum, jurusan Antropologi masih kurang terkenal jika dibandingkan dengan jurusan lain misalnya saja jurusan Komunikasi atau Ilmu Hukum.

Jurusan Antropologi ini memang sangat direkomendasikan dan cocok untuk kamu calon mahasiswa yang sejak awal sudah tertarik dengan ilmu tentang manusia dan budaya.


Sebab di Jurusan Antropologi tersebut, kamu akan mempelajari segala sesuatu tentang sebuah kesamaan yang ada di lingkungan masyarakat atau lingkungan sekitar kamu.

Bisa dibilang, Jurusan Antropologi ini sangat menarik sebab di dalamnya para mahasiswa akan diajak untuk belajar banyak tentang budaya, bahasa, agama, bahkan mempelajari juga seperti apa pola pikir manusia.

Mata Kuliah Jurusan Antropologi


Jika kamu memilih jurusan Antropologi, maka kamu perlu mengenal juga seperti apa mata kuliah dan dunia perkuliahannya. Di bagian ini, Mamikos akan memaparkannya untuk kamu.

Ilmu Antropologi terbagi ke dalam antropologi fisik dan antropologi budaya. Pada Antropologi fisik, kamu akan fokus mempelajari berbagai ciri fisik, forensik dan terbagi lagi ke dalam paleoantropologi dan antropologi ragawi.

Lalu pada antropologi budaya, ilmu yang akan dipelajari akan fokus pada ilmu tentang interaksi dan hubungan antar manusia yang kemudian terbagi lagi menjadi prehistori, etnolinguistik, dan etnologi.

Untuk materi perkuliahan di jurusan antropologi terbagi ke dalam empat sub kategori antara lain Antropologi Budaya, Arkeologi, Antropologi Linguistik dan Antropologi Biologis.

Masing-masing bidang di atas akan mengajak kamu untuk belajar tentang teori dan keahlian yang berbeda-beda. Termasuk pada metode penelitian yang khas, rumusan dan hipotesisnya, serta data-data unik.

Ilmu Antropologi akan menggunakan sebuah metode penyelidikan dan prinsip-prinsip analisis ilmiah yang sekaligus merangkul dimensi artistik, ekspresif dan simbolik dari perilaku manusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)