Mahasiswa UGM Buat Detergen dari Belimbing Wuluh, Berbentuk Lembaran, Ramah Lingkungan

Rabu, 08 November 2023 - 06:20 WIB
loading...
Mahasiswa UGM Buat Detergen dari Belimbing Wuluh, Berbentuk Lembaran, Ramah Lingkungan
Mahasiswa UGM membuat detergen ramah lingkungan berbahan dasar buah belimbing wuluh. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - Detergen disebut sebagai produk yang banyak mencemari lingkungan karena kandungan zat kimianya. Mahasiswa UGM pun membuat detergen ramah lingkungan berbahan dasar dari tumbuhan yakni buah belimbing wuluh.

Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ini terdiri dari lintas jurusan. Yaitu Rizqa Irma Widayati (Kimia), Pangestu Arum Pratiwi (Kimia), Nadia Ramadhani (Kimia), Aufa Nasywa Rahman (Teknologi Informasai), dan Afix Vega Praditya (Teknologi Informasi).

Tim yang mengagas detergen ramah lingkungan dari belimbing wuluh tersebut diberi nama Paper GenB dan merupakan gabungan tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan UGM.

Baca juga: Politeknik Negeri Jakarta Buat Genteng dari Limbah Plastik, Kuat dan Lebih Murah

“Kami prihatin dengan persoalan lingkungan yang ditimbulkan dari pemakaian detergen sintetis. Oleh sebab itu, kami membuat detergen yang eco-friendly dan biodegradable dengan menerapkan prinsip zero waste,” ujar Rizqa Irma Widayati, perwakilan tim, dikutip dari laman UGM, Rabu (9/11/2023).

Menurutnya, Paper GenB ini hadir sebagai salah satu produk inovasi detergen ramah lingkungan. Belimbing wuluh dipakai sebagai bahan dasar karena mengandung senyawa yang bisa dimanfaatkan sebagai detergen alami dan dinilai tidak mencemari lingkungan.

Baca juga: Mahasiswa Unpad Buat Sedotan dari Kulit Larva Lalat

“Belimbing wuluh memiliki kandungan senyawa saponin yang bisa dimanfaatkan sebagai busa alami pada detergen dan aman bagi lingkungan,” ungkap Rizqa.

Produk ini menghasilkan sedikit busa karena dibuat dari bahan alami. Dengan begitu, produk tidak mengiritasi kulit dan tidak mencemari ekosistem perairan.

Lalu, produk ini dikembangkan dalam bentuk lembaran (sheet) dengan kemasan yang mudah terurai dan didaur ulang. Meski dikemas dalam bentuk lembaran kertas, berbeda dengan produk detergen yang umumnya berbentuk cair atau serbuk, tetapi produk ini mudah larut dalam air dan terbukti bisa dipakai untuk mencuci pakaian. Produk ini juga dengan dilengkapi kode QR terintegrasi website sebagai sarana edukasi, komunikasi, dan pembelian.

“Paper GenB dapat digunakan pada segala macam pencucian baik secara manual, mesin cuci top load, maupun mesin cuci front load,”jelasnya.

Detergen ramah lingkungan buatan mahasiswa UGM ini sudah terswdia di sejumlah marketplace dan situs resmi papergenb.com. Untuk 1 pack Paper GenB berisi 30 sheet dijual dengan harga Rp35 ribu.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2826 seconds (0.1#10.140)