UI Tingkatkan Peringkat dan Perkuat Kemitraan Global

Kamis, 09 November 2023 - 20:02 WIB
loading...
UI Tingkatkan Peringkat dan Perkuat Kemitraan Global
Delegasi UI mengadakan dialog intensif bersama jajaran pimpinan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Foto/UI.
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) kembali tampil sebagai kampus terbaik di Indonesia. Rekognisi internasional terbaru berdasarkan Quacquarelli Symonds (QS) Asian University Rankings 2024.

Prestasi tersebut diumumkan dalam acara QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 7 - 9 November di Kuala Lumpur Convention Center, Malaysia.

Pada tahun ini, UI berhasil naik satu peringkat ke posisi 48 dari peringkat 49 pada tahun sebelumnya. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro yang memimpin para delegasi UI selama kegiatan berlangsung.

Baca juga: 7 Universitas dengan Jurusan Pendidikan Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2024, UM Juaranya

"Peningkatan capaian UI menjadi bukti nyata atas kontribusi, kerja keras, dan dedikasi seluruh civitas akademika yang terlibat. Ini merupakan sebuah capaian membanggakan yang diraih UI sebagai universitas ternama, teratas, dan terbaik di Indonesia, Asia Tenggara, dan Asia.” ujar Prof. Ari, dalam keterangan resmi, Kamis (9/11/2023).

Selain itu, guna memperkokoh kemitraan dan memperluas jejaring kerja sama internasional, dalam kesempatan tersebut, delegasi UI juga mengadakan dialog intensif bersama jajaran pimpinan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) yang sekaligus menjadi host university dalam QS Higher Ed Summit 2024.

Baca juga: UGM Buka Prodi S2 Elins, Peluang Kerjanya Menjanjikan

UI dan UKM mendiskusikan berbagai peluang pendalaman kerja sama, di antaranya kolaborasi riset, pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, serta program Double Degree dan program Joint Degree Kelas Khusus Internasional (KKI).

Ditemui terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris juga mengaku berbangga dengan capaian tersebut.

"Kami sangat bersyukur atas semakin banyaknya pengakuan dan rekognisi lembaga internasional dan komunitas akademik dunia kepada Universitas Indonesia. Hal ini sekaligus menjadi tanggung jawab kami untuk menyiapkan dan meningkatkan kontribusi yang lebih signifikan, bukan hanya bagi Indonesia, tetapi juga untuk kemajuan regional dan global."

QS Higher Ed Summit 2024 merupakan konferensi internasional yang menghimpun para pemimpin lintas negara, pimpinan universitas, pemerhati pendidikan tinggi, dan representasi dunia usaha untuk membicarakan isu-isu terkini dan akan datang.

Dalam acara tersebut, Rektor UI menjadi salah satu pembicara diskusi panel bertema Good Neighbours: Higher Ed's Community Impact. Prof. Ari menyoroti pentingnya kerja sama antar universitas untuk menyelesaikan masalah riil masyarakat di tingkat regional
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2587 seconds (0.1#10.140)