6 Jurusan Kuliah yang Lebih Banyak Praktik daripada Teori, Ini Kelebihannya

Jum'at, 10 November 2023 - 11:26 WIB
loading...
6 Jurusan Kuliah yang Lebih Banyak Praktik daripada Teori, Ini Kelebihannya
Teknik elektro menjadi salah satu jurusan kuliah di perguruan tinggi yang materi kuliahnnya lebih banyak praktik dibandng teori. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 6 jurusan kuliah yang lebih banyak praktik daripada teori. Pendidikan di Indonesia menyediakan banyak sekali pilihan bagi para mahasiswa untuk menimba ilmu.

Praktik langsung dalam pendidikan sangat penting untuk membantu mahasiswa lebih memahami bidang keilmuannya. Meski demikian tetap ada plus minus antara pendidikan lebih banyak praktik maupun pendidikan banyak teori.

Namun ada baiknya sebelum menentukan pilihan, pertimbangkan beberapa hal tambahan selain soal praktik dan teori itu, misalnya faktor biaya dan mata kuliah. Artikel kali ini khusus akan membahas 6 jurusan kuliah yang lebih banyak praktik daripada teori.

6 Jurusan Kuliah yang Lebih Banyak Praktik daripada Teori


1. Teknik Elektro


Teknik elektro adalah sebuah bidang ilmu tentang listrik beserta pengaplikasiannya dalam kehidupan manusia. Mahasiswa akan diberikan ilmu serta pengetahuan berharga mengenai konsep pengembangan, perancangan, serta produksi perangkat kelistrikan.
Jurusan yang lebih banyak praktik daripada teori memang sangat dibutuhkan di seluruh industri terkait.

Pada teknik elektro akan lebih banyak dibahas mengenai metode membuat pembangkit menggunakan sumber energi terbarukan.
Bidang paling populer di Teknik Elektro adalah tenaga listrik arus kuat, tidak heran bidang ini dijadikan tujuan paling utama.

Meskipun demikian, prospek kerja masih terhitung sangat luas. Seluruh industri pastinya membutuhkan profesi ini. Rata-rata gaji lulusan awal adalah Rp5 juta, namun tergantung pada kemampuan serta pengalaman seseorang.

2. Teknik Mesin


Teknik mesin tidak melulu berkaitan dengan mesin kendaraan seperti motor dan mobil atau perbengkelan. Namun di sini kamu juga akan belajar mengenai konversi energi, perancangan, material, konstruksi, serta material.



Jurusan yang lebih banyak praktik daripada teori mesin dibutuhkan dalam proses perancangan kendaraan bermotor, perakitan pesawat terbang. Terutama pada industri automotif dan dirgantara. Begitu juga dengan bidang manufaktur serta otomatisasi.

Kebanyakan orang pasti mengira bahwa lulusan teknik mesin akan bekerja di bidang otomotif. Namun anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Profesi lain yang tersedia adalah maintenance, planner designer, serta engineer.

3. Kehutanan


Kehutanan merupakan sebuah ilmu yang mempelajari fungsi serta penggunaan ekosistem hutan meliputi konservasi, teknologi kehutanan. Serta keanekaragaman makhluk hidup, hukum penebangan hutan, dan sebagainya secara komprehensif.

Pengetahuan serta keterampilan di kehutanan seperti observasi, penelitian, analisis, pemahaman biologi, kimia, serta berpikir secara terstruktur dibutuhkan mahasiswa jurusan kehutanan.

Lulusan jurusan yang lebih banyak praktik daripada teori mempunyai kesempatan untuk berkembang lebih baik tak terkecuali jurusan kehutanan. Terutama bersama CIFOR, Wildlife Conservation Society, atau World Wildlife Fund. Di Kementerian juga dapat mengisi formasi terkait.

4. Teknik Informatika


Teknik informatika merupakan ilmu mengenai cara menggunakan teknologi komputer secara maksimal, terutama untuk menyelesaikan masalah pengolahan data. Di rumpun saintek, teknik informatik masuk dalam lima jajaran paling atas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)